nusabali

Strategi SEO untuk Bisnis Kecil : Lebih Dikenal & Omset Melejit

  • www.nusabali.com-strategi-seo-untuk-bisnis-kecil-lebih-dikenal-omset-melejit

Bisnis tidak ditujukan untuk semua orang. Membangun bisnis bisa menjadi hal yang cukup sulit. Banyak bisnis yang gagal pada tahun pertama. Namun bisnis yang sudah besar dan mapan sekalipun bisa gagal jika tidak bisa beradaptasi dengan teknologi dan perubahan zaman.

DENPASAR, NusaBali.com
Jika anda adalah seorang pebisnis, anda tentu menyadari bahwa pemasaran sangatlah sulit. Namun pemasaran digital jauh lebih sulit. SEO bisa menjadi bentuk pemasaran bisnis yang paling sulit. Tetapi ketika SEO dikerjakan dengan baik dan menggunakan strategi yang tepat, maka ada bisnis kecil yang lebih banyak dicari oleh mesin pencarian sehingga bisnis tersebut bisa memanfaatkannya untuk sarana promosi. Hal ini bisa membangun kepercayaan terhadap pelanggan lokal. Semua hubungan bisnis yang baik dibangun atas dasar kepercayaan.  

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan strategi SEO sebagai teknik pemasaran digital untuk bisnis kecil. Tujuannya adalah agar anda, sebagai pemilik bisnis, bisa membuat keputusan yang tepat dengan pengetahuan yang anda miliki. Anda bisa memilih menggunakan jasa SEO atau melakukannya sendiri. Namun anda wajib mengetahui dasar-dasar SEO agar bisa menerapkan strategi yang tepat. Meskipun anda menggunakan jasa SEO website.

Saat ini, jasa layanan SEO tersedia di berbagai tempat khususnya tempat yang memiliki banyak bisnis skala kecil dan menengah. Salah satunya adalah Bali. Banyak perusahaan SEO Bali yang menawarkan jasa optimasi website. 

Mesin pencarian dan SEO berperan penting dalam masa depan bisnis anda. Oleh karena itu, pelajarilah dengan baik. 

Apa yang dimaksud dengan SEO ? 

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan suatu upaya untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pengunjung ke website anda melalui hasil pencarian organik yang ada di mesin pencarian. Tujuan SEO adalah menempatkan website anda pada halaman pertama mesin pencarian. 

SEO cukup kompleks dan melibatkan berbagai hal seperti riset keyword, riset market, link building, copywriting, pembuatan konten, dan optimasi angka konversi. Agar bisnis kecil anda sukses dengan SEO, maka anda harus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  SEO tidak hanya berlaku bagi website saja, namun juga bisa berlaku untuk Youtube SEO.  

SEO bisnis kecil meliputi berbagai hal antara lain: 

- Website
Website yang memiliki kecepatan loading yang bagus, memiliki navigasi yang baik, bisa beradaptasi dengan tampilan smartphone. 

- Konten 
Konten anda sebaiknya menjelaskan mengapa pelanggan harus memilih produk anda. 

- Content Marketing 
Konten blog yang informatif bisa membantu anda mendapatkan lebih banyak audiens.

- On Page
Optimasi dasar sangat penting sehingga anda harus mempertimbangkan judul halaman serta meta descriptions.

- Local SEO 
Bisnis lokal perlu mempertimbangkan strategi terbaik untuk SEO lokal. 

- Link Building
Link sangat berhubungan dengan hasil mesin pencarian karena membangun otoritas website yang lebih baik. 

- Kredibilitas 
Studi kasus, portfolios, review dan testimoni sangat membantu anda untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. 

Hal-hal yang Berhubungan dengan SEO untuk Bisnis Kecil

1. Website 
2. Konten
3. Content Marketing 
4. On Page SEO 
5. Local SEO 
6. Link Building 
7. Kredibilitas 

Strategi SEO untuk Bisnis Kecil 

- Temukan Niche Anda 
Menentukan niche sangat penting bagi bisnis kecil. Ketika anda mengetahui niche bisnis anda, maka anda bisa menekankan keunikan produk atau brand bisnis anda. Hal ini bisa meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Jika anda menentukan niche yang jelas, maka anda bisa bersaing secara lokal dengan brand besar sekalipun jumlah anggaran iklan mereka sangat banyak. 

Cari tahu siapa saja pelanggan anda dan kata-kata apa yang mereka gunakan untuk menggambarkan produk anda karena istilah-istilah tersebut bisa membantu mengoptimalkan SEO untuk bisnis kecil anda. 

- Branding 
Branding sangat penting bagi SEO. Branding yang dimaksud adalah seperti logo dan tagline. Apakah itu mewakili perusahaan anda tanpa membutuhkan penjelasan lebih lanjut? Apa yang diceritakan oleh logo dan tagline tentang nilai-nilai dalam perusahaan anda dan bidang keahlian anda? 

Anda bisa melakukan branding di media sosial atau postingan blog untuk keunggulan anda. 

- Tuliskan Konten yang Menarik dan Lengkap 
SEO untuk bisnis kecil bisa melejit berkat konten yang tepat. Banyak pemilik bisnis kecil yang hanya menuliskan produk dan kontak pada situs website mereka. Padahal, ada banyak hal yang bisa dituliskan. 

Anda harus fokus membangun kesan pertama yang luar biasa. Anda bisa menuliskan tentang bisnis, tujuan bisnis, keunggulan produk dan hal-hal lainnya. Anda juga bisa menuliskan kabar terbaru yang berhubungan dengan bisnis anda. Ini hanyalah beberapa tips untuk strategi konten SEO bisnis anda. Anda harus memilihkan kata kunci yang tepat untuk dioptimalkan. Anda bisa menambahkannya ke akun media sosial anda atau postingan blog anda. 

- Bagikan Konten Anda di Media Sosial 
Anda sebaiknya menggunakan media sosial sebagai alat untuk membangun brand awareness atau mengarahkan pelanggan ke situs website anda. Dalam bisnis kecil, media sosial berguna untuk mempromosikan merk bisnis anda, perusahaan anda dan produk anda. Tujuannya adalah membangun citra bisnis dan mendapatkan traffic yang tepat ke website bisnis perusahaan anda. Ketika anda menggunakan cara ini, maka media sosial benar-benar bisa membantu mendongkrak SEO untuk bisnis kecil. 

Anda harus mulai membicarakan bisnis anda agar orang lain juga mulai  berbicara tentang diri anda di platform sosial. Anda bisa menanggapi atau mengomentari postingan orang lain tentang bisnis anda. 

- Peringkat lokal yang bisa membantu SEO bisnis kecil anda 
Ada banyak hal yang mempengaruhi peringkat lokal bisnis namun yang paling penting adalah nama, alamat, dan nomor telepon. Pastikan bahwa identitas-identitas bisnis tersebut tertata dengan rapi. 

1. Google My Business 
Pastikan anda memasukkan nama, alamat dan nomor telepon bisnis anda ke dalam daftar Google My Business. Jangan lupa masukkan link website anda. Ini adalah cara Google menghubungkan bisnis anda dengan mesin pencarian. Google My Business adalah partner andalan anda jika website anda ingin mendapatkan peringkat teratas pada wilayah geografis yang spesifik. 

2. Tambahkan rating dan reviews 
Google My Business, sama seperti Facebook, mengizinkan orang lain untuk mereview perusahaan anda. Jika perusahaan anda memiliki rating yang bagus maka orang-orang akan cenderung mengklik website anda dari kedua platform ini. 

Jika anda mendapatkan review negatif, maka berikan respon dan selesaikan masalah mereka. Lalu, mintalah mereka untuk mengubah review mereka setelah itu. 

3. Link dari bisnis kecil yang terkait 
Anda harus mendapatkan back up untuk bisnis anda dari beberapa direktori lokal.  Ini artinya anda juga mendapatkan link yang menuju ke website anda. Jika anda bisa mendapatkan beberapa link dari website lokal yang berhubungan di direktori tersebut, maka website anda akan semakin mudah ditemukan. Ingatlah bahwa link dari website lokal harus berasal dari situs yang berada di bidang bisnis yang serupa. 

4. Pencarian “near me” 
Ketika kita membahas peringkat lokal, kita juga harus menyebutkan tentang pencarian “near me”. Ini adalah pencarian dan saran pencarian yang memasukkan kata-kata seperti “near me”, “terdekat”, “open”. Anda sebaiknya mengoptimasi jenis-jenis pencarian ini untuk wilayah lokal tetapi menggunakannya untuk brand global. Jadi anda harus berpikir out of the box. Mungkin ada lebih banyak hal yang harus dioptimasi. Google sangat fokus pada pencarian yang seperti ini.

Selain hal-hal yang ada di atas, tampilan website juga berpengaruh terhadap peringkat website anda di mesin pencarian. Oleh karena itu, web design wajib menjadi salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian. Selain menggunakan jasa SEO Bali, tidak ada salahnya juga anda menggunakan jasa web design.*

loading...

Komentar