nusabali

Remusdha Ngayah Megambel

  • www.nusabali.com-remusdha-ngayah-megambel

Menjelang hari raya Galungan, Remaja Pura Mustika Dharma (Remusdha), Cijantung, Jakarta Timur ngayah.

JAKARTA, NusaBali

Menurut Wakil Ketua Remusdha I Putu Agastya Werdikatama, mereka ngayah sejak Minggu (16/2) sampai berlangsungnya hari raya Galungan.

Sebab, bersamaan dengan odalan Pura Mustika Dharma ke 85 yang jatuh pada 19 Februari nanti. "Dalam rangka hari raya Galungan kami ngayah bersih-bersih di Pura dan pada hari H ngayah megambel serta menari tarian sakral Baris Gede," ujar Agastya kepada NusaBali, Senin (17/2).

Ngayah megambel, kata Agastya, mereka lakukan saat acara hiburan berlangsung. "Kami berlatih sejak enam bulan lalu. Latihan rutin dua kali seminggu. Penabuh ada 25 orang. Rata-rata mereka masih remaja sehingga antusias mengikuti latihan," ucap Agastya.

Sementara tarian sakral Gede Baris mereka lakukan ketika upakara odalan Pura. Perwakilan dari Pura lainnya akan datang pada saat acara nanti. Agastya berharap keseluruhan acara berjalan sukses, terutama megambel. Lantaran bisa menjadi ajang pemanasan sebelum tampil di Dharma Shanti pada April mendatang.

"Bulan April kami punya agenda besar, sekehe gong remaja Pura Mustika Dharma mengisi acara Dharma Santi nasional. Di acara tersebut, Presiden RI juga akan hadir," ucap Agastya. *k22

Komentar