nusabali

Masker Kesehatan di Gianyar Langka

  • www.nusabali.com-masker-kesehatan-di-gianyar-langka

Ada beberapa orang membeli masker dengan cara memborong.

GIANYAR, NusaBali

Kabupaten Gianyar sejak beberapa hari terakhir didera kelangkaan masker untuk menjaga kesehatan. Kondisi ini membuat warga, khususnya para petugas medis di rumah sakit dan Puskemas, khawatir. Karena kelangkaan masker menjadikan mereka sulit terhindar dari paparan virus dari pasien dan debu yang berisiko jadi penyakit.

Informasi di Gianyar, Minggu (16/2), hampir semua dari puluhan apotek swasta dan apotek negeri (milik RSUD Sanjiwani, Red) tak lagi menjual masker. Sebuah apotek di Jalan Ciung Wanara, Kota Gianyar, depan RSUD Sanjiwani

menjual masker dengan harga berlipat-lipat. Biasanya, harga masker isi 30 buah antara Rp 20.000 – Rp 25.000/kotak (isi 30 buah). Namun sejak tiga hari lalu dijual Rp 3.000/buah atau Rp 5.000/2 buah. ‘’Sejak seminggu lalu sales obat nggak ada jual masker. Kami tak tahu, kok bisa begini,’’ ujar salah seorang karyawan apotek itu.

Apotek paling ramai pembeli di sisi barat Pasar Umum Gianyar, juga tak lagi jual masker. Di kios atau warung warung kecil, masker juga lenyap. Beberapa pedagang di warung warung mengaku heran karena ada beberapa orang membeli masker dengan cara memborong, sejak tiga hari lalu. ‘’Setelah itu, malah kami tak dapat barangnya baik dari sales maupun apotek. Katenya, masker nggak ada lagi,’’ jelas Nyoman Niti, salah seorang pemilik warung di Lingkungan Candi Baru, Kelurahan Gianyar.

Berapa warga dan pedagang di apotek menduga kelangkaan masker ini karena permintaan masker sangat tinggi di luar Bali, karena serangan virus Corona. Permintaan masker juga tinggi di Bali terutama oleh warga dan wisatawan di kawasan wisata, pelabuhan, pasar swalayan, dan tempat tempat umum lainnya.  

Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar Ida komang Upeksa mengatakan, stok masker di RSUDnya masih mencukupi. Karena masker itu dibeli untuk operasional petugas selama 3 - 4 bulan ke depan. Saat ditanya, apakah masyarakat umum boleh membeli masker di apotek RSUD Sanjiwani, Upeksa mengaku persediaan masker itu hanya untuk kebutuhan operasional RSUD. ‘’Kami tidak jual masker untuk umum. Tapi, kalau ada permintaan dari Dinas Kesehatan  Gianyar karena terjadi KLB (kejadian luar biasa), kami bisa bantu,’’ jelas dokter asal Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Dikonfirmasi via WhatsApp, Kadis Kesehatan Gianyar dr Ida Ayu Cahyani Widyawati mengatakan masker untuk pemakaian sesuai SOP (standar operasional dan prosedur) tindakan medis di rumah sakit dan Puskesmas se Kabupaten Gianyar, masih ada. Namun dia tak memberikan penjelasan saat ditanya tentang upaya mengtasi kelangkaan masker di masyarakat ini. Dia mengimbau kepada masyarakat agar terhindar dari paparan virus yang berakibat sakit, dengan cara cuci tangan pakai sabun. ‘’Hindari kontak dengan pihak lain yang berisiko menularkan penyakit. Bila terpaksa kontak dengan orang sakit, bisa dengan manual (menutup hidung). Yang penting perilaku hidup bersih dan sehat serta jaga stamina tubuh,’’ jelasnya. *lsa

loading...

Komentar