nusabali

Perayaan Bulan Bahasa Bali Disemarakkan Siswa SD hingga PKK

  • www.nusabali.com-perayaan-bulan-bahasa-bali-disemarakkan-siswa-sd-hingga-pkk

Tiga desa di Karangasem menggelar perayaan Bulan Bahasa Bali, Sabtu (15/2).

AMLAPURA, NusaBali

Ketiga desa itu yakni Desa Muncan dan Desa Duda, Kecamatan Selat serta Desa Purwakerthi Kecamatan Abang. Wimbakara (perlombaan) yang digelar pun sama yakni nyurat aksara Bali tingkat SD, ngwacen aksara Bali tingkat SMP, dan masatua Bali tingkat PKK. Para pemenang mendapatkan pramana patra (piagam) dan

Bulan Bahasa Bali Desa Muncan digelar di Balai Desa Muncan, Banjar Gede. Perbekel Desa Muncan I Wayan Tunas mengataan, wimbakara Nyurat Aksara Bali diikuti siswa dari 6 SD dengan dewan juri Ida Bagus Ari. Nilai para peserta beda tipis, juara I I Gede Wisnu Adi Wiryanatha dari SDN 5 Muncan dengan nilai 969, disusul juara II Ni Kadek Arini dari SDN 5 Muncan nilai 957, dan juara III Ni Putu Widia dari SDN 1 Muncan dengan nilai 954.

Berbeda dengan wimbakara ngwacen aksara Bali yang diikuti siswa SMPN 1 Selat, terlihat ada perbedaan kemampuan di antara peserta. Nilai peserta terpaut jauh. Juara I dimenangkan Ni Komang Ari Santi dengan 1.218, juara II Ni Luh Manisa Dewi nilai 1.200, dan juara III Ni Komang Widiantari dengan 1.178. Begitu juga masatua Bali dengan peserta PKK dari 13 banjar adat. Dewan juri I Nyoman Sata mengumumkan, juara diraih Ni Wayan Darti dari Banjar Pakudansih dengan nilai 1.167, juara II Ni Made Febri dari Banjar Benekasa skor 1.143, dan juara III Ni Wayan Sriani dari Banjar Manik dengan nilai 1.091.

Ketua Panitia I Nyoman Jata mengatakan, penilaian masatua Bali mencakup kemampuan bercerita, ekspresi, kemampuan vokal, penjiwaan, dan penggunaan bahasa sesuai sor singgih. Perbekel I Wayan Tunas mengapresiasi seluruh peserta yang antusias semarakkan bulan bahasa. “Ini awal yang baik, tahun depan secara kualitas ditingkatkan. Perayaan ini untuk pelestarian budaya Bali,” kata Wayan Tunas.

Sementara perayaan Bulan Bahasa Bali di Desa Purwakerthi digelar di Balai Desa Purwakerti, Banjar Biaslantang Kaler. Juara I nyurat aksara Bali kategori putrid diraih Ni Kadek Suriati dari SDN 4 Purwakerthi skor 276, juara II Ni Kadek Nila Puspayanti dari SDN 3 Purwakerthi skor 261, dan juara III Ni Made Lia Puspa Dewi dari SDN 2 Purwakerthi skor 253. Sedangkan kategori putra dimenangkan Putu Wan Apriana dari SD Negeri 1 Purwakerthi skor 271, juara II I Komang Yuda Antara dari SDN 4 Purwakerthi skor 260, dan juara III I Kadek Yoga Aditya dari SDN 3 Purwakerthi skor 245. Sedangkan Bulan Bahasa Bali di Desa Duda diselenggarakan di Balai Banjar Jangu. Menurut Perbekel Desa Duda I Gusti Agung Ngurah Putra, peserta lomba juga dari siswa SD, SMP, dan PKK. *k16

loading...

Komentar