nusabali

City Banding Sanksi UEFA

Juga Terancam Pengurangan Poin di EPL

  • www.nusabali.com-city-banding-sanksi-uefa

Klub akan mengupayakan adanya penilaian independen secepat mungkin. Karena itu, pada tahap pertama akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga.

LONDON, NusaBali

Manchester City mengecam UEFA setelah menjatuhkan sanksi larangan dua musim tampil di Liga Champions. City  juga mengonfirmasi akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Selain larangan tampil di Liga Champions, juara Premier League itu d9denda €30 juta. City dinilai membuat pelanggaran serius terhadap regulasi Financial Fair Play (FFP) dan tidak kooperatif selama proses penyelidikan.

Badan Pengendali Keuangan Klub UEFA menyatakan City bersalah karena menggelembungkan jumlah pendapatan sponsor pada 2012-2016. Namun City mengajukan banding atas putusan tersebut melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), yang sepenuhnya mengesahkan sanksi atau sebagian, atau membatalkannya.

Investigasi terhadap City bermula majalah Jerman, Der Spiegel mempublikasikan tentang email dan dokumen dari Football Leaks. City sempat menolak tuduhan tersebut karena berdasarkan "di luar konteks materi yang konon dibajak atau dicuri."

"Manchester City kecewa namun tidak terkejut dengan pengumuman Badan Pengendali Keuangan UEFA," tulis mereka melalui rilis resmi.

"Klub selalu mengantisipasi kebutuhan pamungkas untuk mencari badan independen dan proses tanpa memihak, dengan mempertimbangkan badan komprehensif guna menguatkan bukti yang tak terbantahkan untuk mendukung posisi."

"Sederhananya, ini adalah kasus yang diprakarsai oleh UEFA, dituntut oleh UEFA dan diputuskan oleh UEFA. Dengan proses yang sekarang berakhir, klub akan mengupayakan adanya penilaian independen secepat mungkin dan karena itu, pada tahap pertama, akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga pada kesempatan paling awal."

City akan menghadapi Real Madrid dalam duel babak 16 besar Liga Champions musim ini, dengan leg pertama di Santiago Bernabeu, pada 26 Februari.

Selain dijatuhi sanksi UEFA, City juga terancam hukuman pengurangan poin di Liga Inggris. Menurut Independent, City bisa mendapat hukuman dari FA, Federasi Sepak Bola Inggris. Mereka teracam pengurangan poin di Liga Inggris.

Namun hingga saat ini, Independent belum mengetahui jumlah pengurangan poin yang akan diterima tim asuhan Pep Guardiola.

Namun hukuman ini bakal berlaku jika banding ditolak Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Jika diterima dan hukuman dari UEFA dicabut, maka sanksi dari FA tidak berlaku. *ant

Komentar