nusabali

Bobi Suryanto Calon Kuat Dirut PD Swatantra

  • www.nusabali.com-bobi-suryanto-calon-kuat-dirut-pd-swatantra

Warga Busungbiu ini difavoritkan karena punya wawasan luas sekaligus praktisi sektor perkebunan.

SINGARAJA, NusaBali

Tiga nama calon Direktur Utama (Dirut) PD Swatantra telah menjalani fit and proper test lanjutan yang dilakukan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Jumat (14/2/2020) siang di rumah jabatan Bupati, Jalan Ngurah Rai Singaraja. Tiga nama yang menjalani fit and proper test masing-masing Nyoman Widiarsa, asal Desa Kerobokan Kaje, Kecamatan Kuta Utara, Badung, kemudian Janarti asal Jalan Gajah Mada Singaraja, Kecamatan Buleleng, dan I Gede Bobi Suryanto, asal Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.

Dari tiga nama calon itu, konon I Gede Bobi Suryanto digandang-gadang bakal terpilih sebagai Dirut. Informasi dihimpun, Bobi Suryanto merupakan calon kuat Dirut PD Swatantra, karena dianggap memiliki wawasan yang luas menyangkut usaha. Di samping itu, kelebihan Bobi Suryanto karena terjun langsung dalam di sektor pertanian. “Dia (Bobi Suryanto,Red) mengelola langsung perkebunannya. Kalau tidak salah dia kini mengembangkan perkebunan durian di desanya,” kata sumber terpercaya.

Masih kata sumber, meski nanti Bupati menetapkan satu orang sebagai Dirut PD Swatantra, namun dua calon lainnya yakni Janarti dan Nyoman Widiarsa tetap akan dipilih mengisi jajaran Direksi. Karena kedua calon ini juga dianggap layak, sesuai hasil fit and properties. Janarti diproyeksikan mengisi posisi Direktur Keuangan (Dirkeu) dan Widiarsa diposisikan menduduki posisi Direktur Operasional bidang Pertanian dan UMK. “Kemungkinan dua calon lainnya akan tetap dipilih juga, cuma nanti yang menunjuk nanti Dirut terpilih,” ujar sumber.

Sementara Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana usai menguji tiga calon mengakui sudah memiliki gambaran mengenai kemampuan masing-masing peserta dalam menggerakkan roda PD Swatantra. Hanya saja, Bupati mengatakan masih perlu menguji sekali lagi untuk meyakinkan keputusannya. “Senin depan memang saya akan putuskan, tetapi sebelum saya putuskan, saya akan uji kembali. Sekarang saya berikan mereka melihat langsung potensi PD Swatantra. Nanti seberapa jauh mereka dapat menganalisa kondisi PD Swatantra,” katanya.

Bupati menyebut, tes yang dilaksanakan Jumat kemarin menyangkut kemampuan masing-masing peserta dalam mengelola PD Swatantra, dari segi manajemen, permodalan dan pengembangan produk yang dapat menjadi produk khas Buleleng. Tes tersebut guna menjadikan PD Swatantra menjadi garda terdepan pengembangan usaha di bidang UKM, baik dari segi pengemasan, standar kualitas, jaminan kebersihan dan lainnya. “Kedepannya, PD Swatantra akan ditambah modalnya, tetapi dia (Calon Dirut PD Swatantra) harus menjelaskan apa yang dibuat,” katanya

Masih kata Bupati Agus Suradnyana, selain pengembangan dibidang UKM, Dirut PD Swatantra harus mampu mengembangkan sektor pertanian dan peternakan, misalkan bidang peternakan, jenis ternak apa yang bagus dikembangkan di Kabupaten Buleleng, penyediaan pakannya seperti apa pemasarnya bagaimana sehingga PD Swatantra mampu meliputi segala bidang usaha yang terdapat di Buleleng. *k19

loading...

Komentar