nusabali

Pangkas Harga, Petani Jualan di Pasar Umum Gianyar

  • www.nusabali.com-pangkas-harga-petani-jualan-di-pasar-umum-gianyar

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Klungkung I Ketut Suadnyana saat mengirim bantuan seekor sapi, Kamis (13/2).

GIANYAR, NusaBali

Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar rutin menggelar Pasar Tani menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Bedanya, kali ini Pasar Tani digelar di tempat umum depan Pasar Umum Gianyar. Kepala Dinas Pertanian Gianyar, I Made Raka mengatakan pelaksanaan pasar tani kali ini mengambil tempat di areal  parkir sebelah utara Pasar Umum Gianyar, karena ada keinginan agar masyarakat umum bisa ikut menikmati pasar tani.

Jika tahun-tahun sebelumnya Pasar Tani diadakan di halaman Kantor Bupati Gianyar, menurut I Made Raka, yang membeli terbatas dari kalangan pegawai saja. Namun kini, masyarakat umum pun bisa menikmati terbukti dari membludaknya pembeli sejak mulai dibuka pada pukul 06.00 Wita.

Dijelaskan, Pasar Tani ini menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Perum Bulog, serta TP PKK Kabupaten Gianyar. Tujuannya tiada lain untuk memangkas harga. Sebab para penjual adalah petaninya langsung, sehingga memangkas biaya distribusi. “Pasar Tani adalah salah satu solusinya. Karena pasar tani ini ibaratnya mirip seperti operasi pasar, dimana kita berupaya menstabilkan harga beberapa kebutuhan pokok dan upakara menjelang hari raya,” jelasnya.

Petani yang ikut berpartisipasi adalah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Nelayan Andalan yang ada di tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Ada beberapa produk pertanian yang dipasarkan seperti pisang, jeruk, sayuran, janur, dupa dan beberapa produk kebutuhan upakara menjelang hari raya. Dari Disperindag dijual sembako bekerjasa sama dengan Perum Bulog Bali, dan dari TP PKK Kabupaten Gianyar dijual beberapa kue-kue kering khas hari raya.

Sementara Bupati Made Agus Mahayastra yang didampingi Ketua TP PKK Gianyar Adnyani Mahayastra, juga tampak memborong beberapa kebutuhan hari raya seperti buah-buahan, dupa, kue dan lain-lainnya yang dijual di pasar tani. Karena menurut Bupati Mahayastra selain barang-barang yang dijual kualitasnya bagus,  dengan Pasar Tani ini semua diuntungkan. Karena dapat memperpendek mata rantai pemasaran produk pertanian, sehingga nilai jual produk pertanian yang dihasilkan petani menjadi lebih tinggi. Melalui pasar tani, petani dan konsumen bisa sama-sama diuntungkan, petani bisa menjual dengan harga yang lebih baik, sedangkan konsumen atau masyarakat bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas terjamin.

“ Jadi di sini semua diuntungkan, petani diuntungkan karena bisa langsung memasarkan produknya, dan masyarakatpun senang karena bisa membeli langsung dari petani, tentu harga lebih murah,” imbuh Bupati Mahayastra.*nvi

loading...

Komentar