nusabali

24 Pelatih Ikuti Kursus Lisensi B AFC

  • www.nusabali.com-24-pelatih-ikuti-kursus-lisensi-b-afc

Sebanyak 24 pelatih sepakbola mencari Lisensi B AFC pada pelatihan pelatih PSSI B Diploma Modul 1 selama 12 hari, sejak Minggu (10/2) hingga 22 Februari, di Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Dari 24 peserta, empat diantaranya dari Bali, yakni I Gede Mahatma Darma, Komang Mariawan, Sandika Pratama, dan I Gede Sudarna.

"Sebelum mendapat lisensi B AFC, mereka wajib mengantongi lisensi C dulu. Dan, empat pelatih dari Bali itu sudah mengantongi persyaratan semuanya. Makanya bisa ikut kursus kepelatihan level B AFC," kata Koordinator Acara Nasser Attamimy, di Denpasar Kamis (13/2).

Menurut Nasser Attamimy, jika mereka lolos dari kursus kepelatihan, Bali akan memiliki pelatih delapan pelatih berlisensi B AFC. Sebab sebelumnya empat pelatih yang pada tahun sebelumnya meraih lisensi B AFC. Yakni, Gede Arsana, Wayan Sukadana, Pasek Wijaya, dan Anak Agung Bramastra.

Sekum AFP Bali itu menegaskan, begitu usai kursus pelatihan selama 12 hari, 24 peserta belum dinyatakan lulus. Sebab, masih ada program modul kedua, yang dilanjutkan satu bulan berikutnya. Dan, selama satu bulan itu mereka diwajibkan membuat tugas analisa pertandingan Liga 1 atau liga 2. Hasil analisa itu sebagai bahan presentasi pada modul 2.

"Artinya selama satu bulan mereka jelas tidak diam. Ke-24 peserta itu wajib membuat catatan dan analisa. Hasilnya ini akan diuji tim instruktur," kata Nasser Attamimy.

Menurut Nasser, instruktur awal yakni Emral Abus. Namun dalam perjalannya digantikan Yeyen Tumena. Pasalnya, Emral Abus mendapatkan tugas PSSI Pusat ke Dili untuk melaksanakan modul 2 B AFC.

"Ini kan kursus pelatihan yang dibuat PSSI Pusat, makanya yang menentukan semuanya dadi PSSI pusat," tandas Nasser Attamimy.

Tak hanya itu, instruktur lainnya dalam pelatihan ini adalah Wolfgang Pikal, yang juga pelatih yang memiliki nama di Indonesia.

Sedangkan pesertanya, selain Komang Mariawan juga ada beberapa eks pemain Timnas seperti Muhammad Nasuha.

"Kami sebagai tuan rumah banyak diuntungkan. Apalagi pelatihan ini peningkatan lisensi. Harapannya ada peningkatan sepakbola Bali," kata Nasser Attamimy.*dek

loading...

Komentar