nusabali

Desa Muncan Persiapkan Karya Bhatara Turun Kabeh

  • www.nusabali.com-desa-muncan-persiapkan-karya-bhatara-turun-kabeh

Krama Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem sedang mempersiapkan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh.

AMLAPURA, NusaBali
Upacara ini akan dipusatkan di catuspata Desa Adat Muncan pada Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4) mendatang. Pangayah mulai mempersiapkan sarana dan prasarana karya sejak Rabu (12/2).  

Pangrajeg Karya Jro Gede Suwena Putus Upadesa dibantu Ketua Panitia I Wayan Gunarta dan Sekretaris I Gede Diaksa. Humas Karya Ida Bhatara Turun Kabeh, I Komang Puja mengatakan, yajamana karya yakni Ida Pedanda Gede Putu Manduang dan wiku tapini Ida Pedanda Istri Rai dari Geria Gunung Biau, Desa Muncan. Karya ini untuk menyucikan mandala Desa Adat Muncan agar kekuatan bhuta kala disomya melalui upacara tawur kasanga pada Anggara Wage Pahang, Selasa (24/3).

Selanjutnya pada Soma Kliwon Krulut, Senin (30/3) nuur Ida Bhatara Tirtha dan nedunang Ida Bhatara Kabeh untuk rangkaian upacara Dewa Yadnya. Melasti ke Segara Klotok di Klungkung digelar pada Buda Paing Krulut, Rabu (1/4), mapepada di catuspata Desa Adat Muncan pada Soma Paing Merakih, Senin (6/4), dan puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh pada Anggara Pon Merakih, Selasa (7/4). “Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh ditandai nedunang seluruh pralingga dan pratima Ida Bhatara untuk katuran karya di catuspata Desa Adat Muncan,” jelas Komang Puja. *k16

Komentar