nusabali

Disperindag Karangasem Belum Punya Petugas Tera

  • www.nusabali.com-disperindag-karangasem-belum-punya-petugas-tera

Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) belum punya petugas khusus.

AMLAPURA, NusaBali
Selama ini masih bekerjasama dengan Disperindag Buleleng dan Disperindag Kota Denpasar untuk melakukan tera ulang. Agar punya tenaga pengawas tera dan penera wajib melalui pendidikan dan pelatihan selama dua tahun serta bersertifikat.

Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Disperindag Karangasem, Ida Bagus Sucita SE mengatakan, pengawas dan penera wajib bersertifikasi agar punya otoritas di bidang tera alat-alat ukur. Buat sementara Disperindag Karangasem bekerjasama dengan Disperindag Buleleng dan Disperindag Kota Denpasar untuk melakukan tera ulang. Tera digelar secara kontinyu menyasar alat timbang di Pasar Amlapura Timur, Pasar Amlapura Barat, dan pasar lainnya di delapan kecamatan. Juga melakukan tera SPBU di Karangasem.

Ida Bagus Sucita mengaku masih mendata calon peserta diklat agar nantinya memiliki tenaga khusus penera. Dikatakan, tak hanya melakukan tera, petugas juga melakukan pembinaan. Misalnya mendatangi SPBU, memberikan arahan agar jangan sampai melakukan tindakan yang merugikan konsumen. Saat ini UPTD Metrologi Legal Disperindag Karangasem dipimpin I Nyoman Oka. *k16

loading...

Komentar