nusabali

Semangat 'Bebek Putih Jambul'

  • www.nusabali.com-semangat-bebek-putih-jambul

Ketua DPD KNPI Karangasem periode 2016-2019, I Gusti Putu Parwata bersama pengurus lainnya dilantik oleh Ketua DPD KNPI Bali I Nyoman Gede Antaguna, Jumat (12/8) kemarin.

Pengurus KNPI Karangasem Dilantik


AMLAPURA, NusaBali
Pelantikan yang digelar di Gedung UKM Center Amlapura, ditandai penyerahan panji kebesaran KNPI. Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang hadir dalam pelantikan itu, berpesan kepada Ketua KNPI Karangasem I Gusti Putu Parwata yang notabene anak tirinya dan para pengurus lainnya agar menanamkan semangat ‘bebek putih jambul’. Menurut Bupati Mas Sumatri, bebek putih jambul, selain putih juga di bagian kepalanya berisi jubah, pertanda sebagai pemimpin yang layak diteladani karena perbuatannya yang bersih. Di samping itu lanjut Mas Sumatri, pemuda mesti memiliki inovasi. “Tunjukkan pemuda punya bakat untuk kebaikan nusa dan bangsa,” pintanya.

Pemuda lanjutnya mesti tampil di garda terdepan, membantu pemerintah dalam segala bidang pembangunan untuk mewujudkan Karangasem yang cerdas, bersih dan bermartabat. Sebagai pemimpin mesti jadi contoh, yang layak diteladani. “Keteladanan itu bermula di internal keluarga, hingga ke masyarakat luas,” tambahnya.

Sementara itu Ketua KNPI Bali I Nyoman Gede Artaguna, menyoroti kepengurusan KNPI Karangasem yang begitu gemuk. Termasuk dia juga menyoroti beberapa pengurus KNPI Karangasem yang telah dikaruniai cucu. Itu berarti usianya melebihi 40 tahun. “Nanti berlaku hukum alam, yang aktif hanya segelintir, itu terjadi di mana-mana termasuk di DPD KNPI Bali,” katanya.

Paling tidak, KNPI selaku generasi penerus bangsa, agar KNPI Karangasem ke depan mampu mandiri, menggerakkan organisasi dengan biaya sendiri. “Memang pemuda yang tergabung di KNPI selama ini, ada yang merasa bangga ada pula yang kecewa terutama yang belum terpenuhi harapannya,” katanya.

Hadir pula di acara itu Dandim Karangasem Letkol Inf Fierman Sjafrial Agustus Wakapolres Kompol AA Mudita, Sekkab Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, Kepala DKP I Made Suama, Kepala BLH I Komang Agus Sukasena, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat I Gusti Nyoman Arya Sulang, Kepala Bappeda I Ketut Sedana Merta, dan undangan lainnya.

I Gusti Putu Parwata dilantik sebagai Ketua KNPI Karangasem menggantikan I Nyoman Celos, melalui Musyawarah Kabupaten VIII DPD KNPI Karangasem, Sabtu (23/7) secara aklamasi. Sebab, utusan dari 15 organisasi kepemudaan sepakat atas figur itu, untuk kepemimpinan masa bhakti 2016-2019. Kepengurusan itu didukung Sekretaris I Gusti Ngurah Setiawan, Bendahara I Gusti Nyoman Sudarsana dan bidang-bidang lainnya. * k16

Komentar