nusabali

Menkeu Godok Insentif Bagi Pelaku Pariwisata

  • www.nusabali.com-menkeu-godok-insentif-bagi-pelaku-pariwisata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah sedang merumuskan insentif bagi pelaku industri pariwisata, seperti hotel ataupun maskapai penerbangan.

BOGOR, NusaBali

Langkah itu untuk menangkal dampak negatif meluasnya virus Corona terhadap perekonomian domestik.

"Beberapa hal seperti subsidi ke penerbangan terutama pariwisata domestik dalam rangka meningkatkan belanja dari masyarakat untuk menopang sektor pariwisata," kata Sri Mulyani, usai sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2).

Sri Mulyani mengatakan insentif itu masih dikaji pihaknya, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Insentif itu sebagai permintaan dari Presiden Joko Widodo.

Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan terdapat tiga destinasi pariwisata di Indonesia yang sangat terdampak dari wabah virus Corona. Tiga destinasi itu, Bali, Bintan, dan Sulawesi Utara.

Ketiganya terdampak karena pemerintah menutup penerbangan dari dan ke daratan China sejak 5 Februari 2020. Padahal setiap tahunnya, sebanyak dua juta turis China mengunjungi Indonesia.

Budi Karya mengharapkan insentif tersebut dapat berdampak langsung ke harga tiket di hotel dan maskapai, seperti "voucher" atau diskon tiket pesawat.

"Yang paling efektif adalah 'bundling' (paket) seperti ke penerbangan dan hotel," ujar Budi Karya.

Negara-negara mitra ekonomi China kini mulai mengantisipasi dampak dari meluasnya wabah virus corona.

Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio sebelumnya mengatakan RI berpotensi kehilangan devisa empat miliar dolar AS jika rute penerbangan China ditutup selama setahun.

Nilai tersebut didapatkan dari jumlah wisatawan asal China yang mencapai dua juta orang dalam setahun. Total kerugian tersebut juga ditambah dampak dari penundaan wisatawan negara lain ke Indonesia karena khawatir tertular virus Corona. *ant

Komentar