nusabali

Sosialisasi 4 Pilar, Parta Sasar Generasi Milenial

  • www.nusabali.com-sosialisasi-4-pilar-parta-sasar-generasi-milenial

Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi PDIP Dapil Bali, I Nyoman Parta, melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dengan ratusan siswa SMKN 1 Mas Ubud di Wantilan Pura Taman Pule, Selasa (11/2).

GIANYAR, NusaBali

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 350 orang yang terdiri dari siswa, dan guru SMKN 1 Mas Ubud. Materi pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika disampaikan lebih komunikatif. Para siswa diberikan kesempatan lebih banyak untuk mengungkapkan pendapatnya tentang 4 pilar kebangsaan. Terbukti selama acara, ada belasan siswa yang berani berpendapat. Usai sosialisasi, Nyoman Parta mengaku yakin para generasi milenial telah memahami nilai-nilai 4 pilar kebangsaan.

“Melihat antusias mereka, kita tak perlu ragu lagi soal pemahaman mereka tentang 4 pilar kebangsaan. Tinggal nanti diajari lebih aplikatif,” ungkap politisi asal Desa Guwang Kecamatan Sukawati ini. Jelas Parta, dalam setiap kali sosialisasi 4 pilar kebangsaan dirinya memang sengaja tidak menyampaikan teori semata. Parta lebih suka meminta siswa angkat tangan, maju ke depan dan berpendapat.

“Apa yang disampaikan bukan hafalan, ada proses penjiwaan,” jelasnya. Saat sosialisasi, Parta juga mengaku tergelitik saat satu siswa bertanya kenapa masih ada konflik agama, meski sejak lama Negara ini sudah memahami kebhinekaan. Sebelum dirinya menjawab, Parta memberikan kesempatan siswa lain berpendapat. Parta pun kagum, karena seorang siswa menjawab konflik terjadi karena rasa ego terhadap golongan dan merasa paling benar.

Di sisi lain, sosialisasi empat Pilar Kebangsaan ini juga turut mensosialisasikan aksi cinta lingkungan dengan menyajikan konsumsi ramah lingkungan tanpa kemasan plastik dan memberikan hadiah botol minuman/tumbler kepada peserta yang aktif menjawab atau bertanya. Di sela-sela sosialisasi Parta kembali membawa isu lingkungan, menggandeng Trash Hero Indonesia I Wayan Aksara. “Ini memang komitmen saya,” tegasnya. Parta bercita-cita, gerakan bersama-sama menjaga alam lingkungan Bali agar bersih akan berbuah manis 5 tahun ke depan. *nvi

loading...

Komentar