nusabali

Tindaklanjuti TOSS, STT-PLN Temui Bupati Suwirta

  • www.nusabali.com-tindaklanjuti-toss-stt-pln-temui-bupati-suwirta

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima audiensi rombongan dari Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) Jakarta di ruang rapat Bupati Klungkung, Selasa (11/2).

SEMARAPURA, NusaBali

Rombongan memperkenalkan Rektor STT PLN yang baru, sekaligus menindaklanjuti kerjasama terkait teknologi TOSS (tempat olah sampah setempat) antara Pemkab Klungkung, Indonesia Power dan STT PLN.  

Bupati menerima rombongan bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Anak Agung Kirana. Rombongan dipimpin Ketua STT-PLN yang baru, Prof Dr Ir Iwa Garniwa Mulyana KMT.

Bupati Suwirta mengatakan, kerjasama teknologi TOSS sudah berjalan sejak tahun 2016. Penerapan TOSS telah mengantarkan Klungkung meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. "Berkat teknologi ini pula Klungkung telah banyak dikunjungi pejabat dari daerah hingga pusat," ujarnya.

Bupati mengaku sempat diundang beberapa kali sebagai narasumber dalam seminar nasional tentang penerapan teknologi olah sampah. Bupati Suwirta sangat berharap teknologi TOSS akan terus berkembang dan menjadi lebih sederhana dan fokus. “Mohon kerjasama yang baik dan berkelanjutan, siapan pun ketuanya program harus berjalan," ujar Bupati Suwirta.

Rektor STT PLN Prof Iwa Garniwa Mulyana mengatakan, dirinya diangkat menjadi Ketua STT-PLN Periode 2019-2023 beberapa bulan lalu. Menurutnya, kerjasama STT PLN dengan Pemkab Klungkung merupakan potensi yang besar bagi STT. Ke depan kerjasama dalam penanganan sampah di Klungkung akan semakin dikuatkan. Kerjasama yang dilakukan nantinya selain melakukan pendampingan pemanfaatan teknologi TOSS, juga kajian dan mengembangkan  teknologi ini. Sehingga bisa benar benar bisa mengatasi persoalan sampah di Klungkung. Dia menegaskan komitmennya untuk melanjutkan kerjasama dan mengembangkan teknologi TOSS. *wan

Komentar