nusabali

Kantor Pengadilan Negeri Badung Mulai Dibangun

  • www.nusabali.com-kantor-pengadilan-negeri-badung-mulai-dibangun

Kantor Pengadilan Negeri Badung mulai proses pembangunan. Proyek pengerjaan selama 150 hari atau selama lima bulan, pada Selasa (11/2) kemarin ditinjau oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa.

MANGUPURA, NusaBali

Adi Arnawa saat meninjau pembangunan kantor Pengadilan Negeri Badung yang terletak di timur Terminal Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, didampingi Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) RI Prim Haryadi, Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Zaid Umar Bobsaid, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar H Sobandi.

Menurut Adi Arnawa, pembangunan kantor Pengadilan Negeri Badung ini merupakan salah satu wujud keseriusan Pemkab Badung, dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang hukum. “Tentu kita berharap dengan adanya gedung Pengadilan Negeri ini mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

“Dengan adanya gedung Pengadilan Negeri Badung ini diharapkan nantinya persoalan-persoalan yang selama ini banyak masuk ke Pengadilan Negeri Denpasar, nantinya bisa dibawa ke Pengadilan Negeri Badung,” harapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemkab Badung sudah mendirikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung yang menempati gedung mewah hanya beberapa meter dari Terminal Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi. Gedung Kejari Badung ini diresmikan Jaksa Agung M Prasetyo, 15 Februari 2018. Gedung berarsitektur Bali ini dibangun di atas lahan seluas 1 hektare, dengan anggaran mencapai Rp 29 miliar bersumber dari APBD Badung.

Ketua Pengadilan Negeri Denpasar Sobandi, beberapa waktu lalu mengatakan pembangunan Pengadilan Negeri Badung akan menggunakan dua tahun anggaran dari APBD Pemkab Badung. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 70 miliar. “Jadi nanti seluruh pembangunan akan menggunakan anggaran multi years 2020 dan 2021 dari Pemkab Badung,” ujarnya, Sabtu (25/1).

Anggaran pembangunan kantor Pengadilan Negeri mencapai Rp 70 miliar tersebut tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan gedung pengadilan. Namun juga akan digunakan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti rumah dinas para hakim. “Nantinya di areal itu juga akan dibangun rumah dinas hakim,” lanjut asal Bandung, Jawa Barat, ini.

Sementara itu, Kadis PUPR Badung IB Surya Suamba membenarkan jika pembangunan PN Badung akan dimulai tahun ini. Untuk anggaran tahun 2020 ini Pemkab Badung menyiapkan dana Rp 16,4 miliar. *asa

loading...

Komentar