nusabali

Anggaran Bencana BPBD Tabanan Tak Ada Kenaikan

  • www.nusabali.com-anggaran-bencana-bpbd-tabanan-tak-ada-kenaikan

Tahun 2020 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan digelontor anggaran bencana sebesar Rp 1,9 miliar.

TABANAN, NusaBali

Anggaran tersebut nantinya dipergunakan untuk membantu warga yang tertimpa bencana.  Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita, menjelaskan anggaran tersebut bersumber dari APBD Tabanan. Jumlah anggaran bencana di 2020 sama dengan anggaran tahun 2019. “Jumlah sama segitu (Rp 1,9 miliar),” ujarnya, Senin (10/2).

Kata Sucita, anggaran tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu tahun. Apabila kurang maka akan diajukan di anggaran perubahan. “Biasanya cukup, nanti kalau ada kurang kami ajukan di anggaran perubahan,” jelasnya.

Namun dari total anggaran Rp 1,9 miliar yang didapat ini nantinya akan dikurangi untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kena bencana di 2019. Sebab untuk bulan September sampai Desember 2019 belum tercover. “Kita akan kurangi Rp 400 juta, sisanya baru untuk membantu bencana di 2020. Kalau kurang, kami akan ajukan di perubahan,” kata Sucita.

Sucita menambahkan selama 2019 bencana di Tabanan paling banyak karena longsor, pohon tumbang, dan kebakaran. Dan untuk di 2020 pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada di tengah musim yang tak menentu. “Kalau di tahun 2019 itu paling banyak longsor,” imbuh Sucita.

Menurutnya di Tabanan daerah yang rawan longsor ada di Kecamatan Baturiti, Pupuan, Selemadeg, dan Penebel. Di kawasan tersebut, BPBD telah memberikan atensi kepada camat agar menyampaikan kepada masyarakat supaya tetap waspada. *des

loading...

Komentar