nusabali

Pramuka Blasman Kunjungi Panti Asuhan

  • www.nusabali.com-pramuka-blasman-kunjungi-panti-asuhan

Pramuka Penegak Ambalan Siva Mukti Durga Nandhini, Gudep 01.085 – 01.086, yang berpangkalan di SMAN 1 Blahbatuh (Blasman), Gianyar, mengelar kegiatan sosial.

GIANYAR, NusaBali

Mereka mengunjungi dan berbagi keceriaan kepada anak – anak Panti Asuhan Semara Putra di Jalan Dewi Sartika No 5, Klungkung, Minggu (10/02) sore.

Pembina Pramuka Kak Candra Dewi menyampaikan kegiatan yang mengambil tema “don’t do it yourself (jangan bertindak sendiri)” ini dilaksanakan untuk membantu anak-anak di Panti Asuhan Semara Putra. Kegiatan ini juga serangkaian penerapan Dasa Darma Pramuka  dan mengasah nilai emosional dan sosial para anggota pramuka.  

Kunjungan ke panti asuhan ini juga, jelas dia, serangkaian memberikan kesempatan kepada kakak kakak Pramuka penegak belajar merencanakan kegiatan dan memimpin kegiatan di ambalan. Hal ini sesuai salah satu syarat yang mesti ditempuh untuk mencapai kecakapan umum Laksana. ‘’Kami rencanakan kegiatan sosial seperti secara rutin nantinya,” ungkapnya

Ketua Sangga Kerja Kak Balarama Raditya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan ambalan yaitu delapan anggota Sangga Pendobrak Putra bersama Dewan Ambalan. Aktivitas kunjungan ini juga dilaksanakan bersama-sama dengan anggota PIK-R Sila Santhi Yowana SMA Negeri 1 Blahbatuh.

Dia mewakili rekan Pramuka mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Pramuka SMAN 1 Blahbatuh dan para donatur yang telah mendonasikan sumbangan dan mempercayakan penyaluran sumbangannya. Ada pun bantuan yang diberikan berupa sembako, makanan sehari-hari, alat-alat tulis. ‘’Ada juga sejumlah dana yang diserahkan langsung oleh PIK-R tadi. Semoga dapat membantu adik-adik di panti,” jelasnya

Pradana Putra Kak Arik Ardika mengucapkan terimakasih kepada Pengelola Panti Asuhan Semara Putra Ibu Ni Made Gunasih dan seluruh pihak panti asuhan yang sudah berkenan menerima kehadiran anggota Pramuka SMAN 1 Blahbatuh. “Semoga apa yang kami berikan bisa membantu adik-adik yang ada di panti asuhan dan bisa membuat semangat belajar adik-adik lebih meningkat untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik,’’ harapnya.

Dia mengakui, dari kunjunganhya itu mendapatkan banyak hikmah dan pembelajaran saat ngobrol dan bermain bersama anak-anak panti. ‘’Semoga dalam kesempatan yang lain kita dapat kembali mengunjungi panti ini lagi” ungkapnya

Anak-anak di Panti Asuhan saat ini mencapai 135 orang. Dari jumlah itu, 40 anak tinggal di panti dan 95 anak (disabilitas) tinggal bersama orang tua. Saat ini pihak panti terebut sudah menerima bantuan setiap bulan dari pemerintah. Namun bantuan itu belum bisa sepenuhnya menutupi kebutuhan anak-anak panti. Untuk itu bantuan para donator sangat diperlukan.

Ketua Gugus Depan, Kak Komang Cheking menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu acara yang dilaksanakan serangkaian menyambut dan memperingati Hari Bapak Pandu Dunia, Lord Robert Baden Powell setiap 22 Februari. Beberapa kegiatan yang direncanakan pihak Ambalan Siva Mukti Durga Nandini, selain kunjungan sosial, juga bersih pantai dan penananaman pohon, lomba fotografi dan vlog antar sangga, kelas inspirasi, dan upacara Peringatan Hari Pandu Se-Dunia, Sabtu, 22 Pebruari 2020.*nvi

loading...

Komentar