nusabali

Kapolres Galang Bantuan, Wujudkan Bedah Rumah

  • www.nusabali.com-kapolres-galang-bantuan-wujudkan-bedah-rumah

Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini menggalang bantuan untuk wujudkan bedah rumah kepada keluarga kurang mampu, I Putu Kertiyasa, di Banjar Gelumpang, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Senin (10/2).

AMLAPURA, NusaBali

Rencana anggaran pembangunan bedah rumah diperkirakan mencapai Rp 23 juta. Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini berhasil menggalang dana dari donatur mencapai Rp 26 juta.

Sebelum menentukan calon penerima bedah rumah, Babhinkamtibmas Aiptu I Wayan Suardana Putra dan Bripka Ni Putu Prajna Cita ditugaskan melakukan survei lapangan. Setelah menemukan calon penerima yang tepat, Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini langsung turun ke lapangan untuk cek lokasi. Rencana pembangunan rumah ini dimulai pada Redite Wage Kuningan, Minggu (23/2) nanti. Para donatur yang mendukung program ini di antaranya Kapolres Karangasem, Lurah Karangasem, anggota Sat Binmas Polres Karangasem, hingga Komunitas Taman Hati Denpasar.

Putu Kertiyasa diberikan bantuan bedah rumah karena gubuk beratap alang-alang dan berdinding gedek miliknya hancur tertimpa pohon. Bedah rumah ini rencananya dua kamar tidur dilengkapi satu kamar kecil dan satu dapur. Putu Kertiyasa adalah petani penggarap dan buruh serabutan. “Buat sementara Putu Kertiyasa bersama istri dan tiga anaknya tinggal di tenda bantuan BPBD Karangasem,” ujar anggota Sat Binmas Polres Karangasem, Aiptu jelas Eko Waluyo.

Sebelumnya Lurah Karangasem I Wayan Gusita mengusahakan bantuan bedah rumah dari pemerintah, namun bantuan tak kunjung datang. Akhirnya ada Komunitas Taman Hati yang membantu. “Keluarga Putu Kertiyasa telah dapat bantuan rastra (beras sejahtera) dari pemerintah. Sedangkan bantuan bedah rumah bisa dibangun atas bantuan para donatur, setelah keluarga besarnya memberikan bantuan sepetak tanah untuk ditempati,” kata Wayan Gusita.

Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini mengapresiasi bantuan dari para donatur untuk membantu warga kurang mampu yang kena musibah pohon tumbang. “Kita harus saling berbagi sesama umat manusia yang memerlukan. Kita ini sebagai makhluk sosial, saling ketergantungan,” jelas AKBP Ni Nyoman Suartini. Diharapkan, dengan bantuan bedah rumah ini, Putu Kertiyasa dan keluarga punya rumah layak huni. *k16

loading...

Komentar