nusabali

Bupati Suwirta Berbagi Pengalaman ke Banjarmasin

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-berbagi-pengalaman-ke-banjarmasin

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi narasumber dalam seminar serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2020 bertajuk 'Seminar Best Practices Kepemerintahan Yang Baik' di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2).

SEMARAPURA, NusaBali

Seminar ini diselenggarakan Panitia HPN 2020 bekerjasama dengan Kementerian PAN-RB.  Bupati Suwirta yang didaulat sebagai pembicara dalam acara tersebut membagi pengalamannya pada peserta seminar terkait sejumlah inovasi yang telah dibuatnya untuk masyarakat Klungkung hingga sampai diakui secara nasional. Bupati juga berbagi pengalamannya tentang bagaimana seharusnya pelayanan publik dalam menunjang produktivitas pembangunan dan pemerintahan.

Di hadapan peserta seminar, Bupati Suwirta menyatakan membuat inovasi tidaklah susah, cukup mengetahui potensi dan masalah. Sebagai pelayan masyarakat, jelas dia, sudah seharusnya bersosialisasi dan mendekatkan diri kepada masyarakat serta menurunkan ego dan harga diri. “Turunkan harga dirimu maka orang lain yang akan menaikkan harga dirimu. Jangan kamu menaikkan harga dirimu tapi orang lain yang akan menjatuhkan dirimu,” ujarnya di hadapan peserta seminar.

Bupati juga menyampaikan inovasi-inovasi yang dibuatnya selalu dilandasi spirit Gema Santi atau Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif. Makna yang bisa diambil adalah membangun saling bergandengan tangan, saling tersenyum, gali sumber daya manusia, dan sumber daya alam. "Sesuai arahan Bapak Presiden melalui Bapak Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengamanatkan untuk melanjutkan pembangunan terkait reformasi birokrasi. Ini senantiasa untuk meningkatkan pelayanan publik yang juga menjadi visi Kementerian PAN-RB dalam meningkatkan akuntabilitas program kegiatan tersebut," kata Bupati Suwirta.

Kata Bupati, di era teknologi kini, masyarakat membutuhkan pelayanan publik yang memudahkan akses untuk mendapatkan pelayanan inovasi publik melalui pemanfaatan teknologi yang ada. "Penguatan sumber daya manusia merupakan hal yang paling penting dalam meningkatkan efektivitas pembangunan dalam konteks reformasi birokrasi bukan hanya perampingan eselonisasi," imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Penanggung Jawab HPN 2020 Atal S Depari, Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris, jajaran SKPD Provinsi dan Kota Kalimantan Selatan. *wan

Komentar