nusabali

Sekda Adi Arnawa Hadiri Upacara Tawur Agung Pura Luhur Batukau

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-upacara-tawur-agung-pura-luhur-batukau

Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi istri Ny Rasniathi Adi Arnawa mengikuti upacara Tawur Agung di Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan pada Saniscara Wage Julungwangi, Sabtu (8/2).

MANGUPURA, NusaBali

Ritual ini serangkaian Karya Agung Pangurip Gumi yang puncaknya digelar pada 20 Februari 2020  mendatang.

Pada kesempatan tersebut Sekda Adi Arnawa beserta istri melaksanakan persembahyangan dan menghaturkan punia kepada pemangku Pura Luhur Batukau.

Sekda Adi Arnawa mengatakan, dirinya merasa bahagia mewakili Pemkab Badung dapat hadir serta ikut ngerastiti pelaksanaan Tawur Agung serangkaian Karya Agung Pangurip Gumi di Pura Luhur Batukau.

“Karya ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan, keserasian, keharmonisan, dan kelestarian bumi secara sekala dan niskala, agar alam semesta berserta isinya mendapatkan kerahayuan. Semoga dengan dilaksanakannya karya ini dapat memberikan kekuatan dan keselamatan untuk kita terutama jagat Bali,” ujar Adi Arnawa.

Ketua 1 Karya Agung Pangurip Gumi I Wayan Arya menjelaskan upacara tawur agung pada intinya adalah untuk menyucikan alam semesta menuju tatanan yang harmonis.

Sebelum dilakukan Tawur Agung, dua hari sebelumnya diawali dengan upacara mapepada tawur dan ngolah caru tawur berbagai upakara seperti kerbau, kambing, kidang menjangan, babi, anjing blangbungkem, bebek, angsa, dan lainnya.

Setelah Tawur Agung, rangkaian Karya Agung Pangurip Gumi Pura Luhur Batukau dilanjutkan dengan nyepi pada Redite Kliwon Sungsang (9/2), Wana Kerti pada Sukra Kliwon Sungsang (14/2), dan puncak karya pada Wraspati Umanis Dunggulan (20/2). Selanjutnya Ida Bhatara sasuhunan di Pura Luhur Batukau akan nyejer sampai dengan Soma Wage Medangsia Purnama Kesanga, 9 Maret 2020.

Rangkaian Tawur Agung juga dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Ketua PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya, anggota DPD RI dari Bali yang juga Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, anggota DPR RI I Made Urip, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Sekda Tabanan I Gede Susila, Forkopimda Tabanan, dan panglingsir Puri seluruh Bali. *

Komentar