nusabali

Taman Baca di Eks Lahan BPU Dianggarkan Rp 1,6 Miliar

  • www.nusabali.com-taman-baca-di-eks-lahan-bpu-dianggarkan-rp-16-miliar

Proses perataan gedung BPU sudah tuntas pada Desember lalu, kini proyek Taman Baca diplot running bulan Mei mendatang.

SINGARAJA, NusaBali

Rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Baca yang ada di simpang tiga Jalan Gajah Mada-Letkol Wisnu, Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ditarget selesai tahun ini. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar untuk realisasi RTH tersebut.

Kepala Dinas Perkimta Buleleng, Ni Nyoman Surattini dihubungi Minggu (9/2/2020) menjelaskan jika saat ini proses pembangunan RTH Taman Baca sudah dalam review Detail Enginnering Design (DED). Setelah rampung proses lelang tender pun segera akan dilakukan hingga diharapkan bulan Mei sudah mulai pembangunan.

Sebelumnya di tahun 2019 lalu, Dinas Perkimta sudah melakukan tahapan awal pembangunan RTH Taman Baca di lahan eks Bank Perniagaan Umum (BPU) yang asetnya sudah diserahkan ke Pemkab Buleleng melalui hibah Kementerian Keuangan. Proses pematangan lahan mulai dari perataan gedung bangunan kantor BPU sudah tuntas dikerjakan pada Desember 2019 lalu. “Jadi tahun lalu sudah kami matangkan lahannya sehingga tahun ini rencananya dimulai penataan hingga finishing dengan anggaran Rp 1,6 miliar,” ujar Surattini.

Dengan anggaran yang disediakan akan dilakukan penataan pertamanan hingga fasilitas pendukung lainnya seperti gazebo, tempat duduk, meja hingga fasilitas wifi gratis. RTH Taman Baca ini pun didesain lebih terbuka dan minim bangunan fisik sehingga lebih memberikan ruang dan realisasi konsep sebagai RTH sebagai tempat nongkrong maupun tempat membaca dan menyelesaikan tugas kaum milenial.

Namun di beberapa titik di lahan seluas 10 are itu akan disediakan juga beberapa rak buku di bawah naungan gazebo yang akan dibangun. Disperkita pun mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan terkait teknis pembukaan RTH Taman Baca. Sementara itu usai dimatangkan lahan yang saat ini sudah rata dan sudah disender untuk penahan tanahnya akan diratakan kembali.

RTH Taman Baca ini pun dirancang lebih tinggi dari jalan raya, sehingga dapat mengantisipasi potensi banjir saat musim penghujan di wilayah perkotaan. Selain juga penyediaan lahan parkir yang juga menjadi prioritas pembangunan RTH Taman Baca tahun ini.*k23

loading...

Komentar