nusabali

Mahasiswa IHDN Demonstrasikan Yoga di Bulan Bahasa Bali 2020

  • www.nusabali.com-mahasiswa-ihdn-demonstrasikan-yoga-di-bulan-bahasa-bali-2020

Sesuai tema Nyujur Atma Kertih, UKM Yoga IHDN menyajikan yoga untuk memperkenalkan kepada khalayak umum agar bisa merasakan manfaatnya

DENPASAR, NusaBali.com
Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar turut mengisi rangkaian kegiatan Bulan Bahasa Bali 2020 melalui kegiatan demonstrasi yoga yang berlangsung pada Jumat (7/2/2020) di halaman Madya Mandala, Taman Budaya Art Center. Demonstrasi ini dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa IHDN Denpasar. 

Yoga yang didemonstrasikan oleh anggota UKM Yoga IHDN Denpasar ini, juga diikuti oleh anggota pasraman Sri Nahunadanta dan masyarakat umum. Hal ini tak lepas dari tujuan dari acara ini, yaitu untuk memperkenalkan UKM Yoga IHDN Denpasar yang masih berpegang pada pakem-pakem klasik yang berfokus pada sistem pernafasan, di samping tujuan utama untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Bahasa Bali 2020.

Gerakan yoga yang diperagakan oleh UKM yang telah berdiri sejak tahun 2001 ini, antara lain meliputi penenangan, naddhi sodhanam, doa pembuka, pawanamuktasana, surya namaskara, pendinginan, dan ditutup dengan doa. “Di pawanamuktasana kita lebih ke peregangan pada otot, sedangkan surya namaskara itu merupakan dua belas rangkaian gerakan tubuh yang bertujuan untuk pemujaan kepada Dewa Surya,” jelas instruktur demonstrasi yoga kali ini, Ni Komang Ari Yunitri.  

Melalui tema Bulan Bahasa Bali 2020, yakni Nyujur Atma Kertih, UKM Yoga IHDN Denpasar ini memaknainya sebagai suatu upaya untuk berbagi kepada masyarakat. “Kita menyajikan apa yang bisa kita berikan manfaat kepada masyarakat luas, di mana di sini kita memberikan kegiatan yoga bersama yang bisa diikuti oleh khalayak umum dan siapapun yang ingin mengikuti kegiatan ini,” ujar Wakil Ketua UKM Yoga IHDN Denpasar, Kadek Sartika Dewi. 

Selain IHDN, kegiatan demonstrasi yoga ini juga akan dilakukan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan di hari berikutnya. Selain itu, UKM Yoga IHDN Denpasar akan kembali melakukan demonstrasi yoga di tanggal 21 Februari 2020. Dan tak hanya melalui UKM Yoga, IHDN Denpasar juga akan kembali berpartisipasi dalam sesolahan (pertunjukan) seni sastra berjudul ‘Jaratkaru’ pada 12 Februari 2020.*yl

loading...

Komentar