nusabali

Listrik Padam Lima Jam, Layanan di Disdukcapil Tabanan Lumpuh

  • www.nusabali.com-listrik-padam-lima-jam-layanan-di-disdukcapil-tabanan-lumpuh

Layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan terganggu selama lima jam.

TABANAN, NusaBali

Hal ini karena terjadi pemadaman listrik bergilir oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit Tabanan. Pemadaman listrik dilakukan untuk proses pemeliharaan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, menjelaskan karena ada pemadaman listrik otomatis pelayanan terganggu, sekitar lima jam. “Otomatis terganggu. Tapi kami sudah mohon permakluman kepada masyarakat yang sudah datang ke kantor,” ujarnya, Kamis (6/2).  

Dikatakan pengumuman pemadaman telah disosialisasikan kepada Disdukcapil. Pihaknya pun sudah memaklumi hal tersebut. “Masyarakat sudah mengerti, setelah pukul 2 (14.00 Wita) baru kami mulai lakukan pelayanan,” tegas Rai Dwipayana.

Dalam pengumuman tertera pemadaman berlangsung pada pukul 11.00–14.00 Wita. Namun hingga pukul 15.00 Wita listrik belum nyala, sehingga pemadaman berlangsung sekitar lima jam.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Tabanan I Ketut Suta Dipha memohon permakluman atas pemadaman listrik tersebut. Pemadaman dilakukan karena ada pemeliharaan jaringan untuk peningkatan keandalan listrik. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujarnya.

Untuk di Tabanan, lanjut Sura, daerah yang mengalami pemadaman listrik di Kecamatan Tabanan pada Kamis (6/2) adalah Rumah Sakit Tabanan, Kantor Bupati Tabanan, Polres Tabanan, Jalan Pahlawan, Jalan Kresna, BRI Gajah Mada, BPD Tabanan, Telkom, Gedung Mario.

Kemudian di Kecamatan Kerambitan di antaranya Puri Kerambitan, SMA 1 Kerambitan, Desa Meliling, Banjar Baturiti Kerambitan, Banjar Jaga Tamu, Banjar Mambang Celuk, dan Banjar Munduk Catu.

Suta Dipha menambahkan, pemadaman listrik guna pemeliharaan wajib dilakukan demi meningkatkan keandalan listrik. “Jadi sebelum dilakukan pemeliharaan, kami cek dulu yang mana harus dilakukan pemeliharaan. Kalau sudah dicek, dijadwalkan pemadaman. Karena dalam pemadaman ada pergantian peralatan,” beber Suta Dipha.

Dia juga menyebutkan pemeliharaan ini tidak hanya dipusatkan di kota saja, melainkan sejumlah daerah di Tabanan sesuai dengan pengecekan. “Pemeliharaan ini rutin, tidak ada batasnya karena pas di kota makanya dilakukan pemadaman,” tuturnya sembari menyebutkan bahwa adanya pemadaman listrik ini sudah dilakukan sosialisasi ke sejumlah pihak terkait.

Dan untuk di daerah kota, pemadaman hanya dilakukan pada Kamis (6/2) saja. Pemeliharaan akan berlanjut di daerah Bypass Ir Soekarno pada Jumat (7/2). “Besok (hari ini) sekitaran Hardy’s, kalau di kota hari ini (kemarin) saja,” tandas Suta Dipha.

Suta Dipha juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan keandalan listrik, masyarakat diminta mengikhlaskan perompesan pohon yang berdekatan dengan jaringan PLN. Sebab kalau berdekatan dengan PLN akan rawan menimbulkan bahaya. Termasuk juga dalam membuat balai kulkul, masyarakat diharapkan memperhatikan jarak aman. “Jarak aman itu 3 meter dari jaringan,” tandasnya. *des

Komentar