nusabali

Terima Pindahan 8 Napi, Rutan Negara Makin Overload

  • www.nusabali.com-terima-pindahan-8-napi-rutan-negara-makin-overload

Rumah Tahanan  (Rutan) Kelas IIB Negara, menerima pemindahan 8 orang narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tabanan, Rabu (5/2) siang.

NEGARA, NusaBali
Dari 8 narapidana tersebut, rata-rata merupakan narapidana kasus pencurian dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Kepala Rutan Negara, Bambang Setyawan, Kamis (6/2), mengatakan, sesuai protap, para narapidana yang masuk sebagai tahanan baru di Rutan Negara, itu tetap menjalani masa pengenalanan lingkungan (mapeling). Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, dan semuanya dipastikan sehat, kedepan narapidana pindahan dari LP Tabanan, itu ditempatkan di ruang tahanan khusus, sebelum nantinya disatukan bersama tahanan lainnya.

“Ya tetap diberikan waktu adaptasi, walaupun sebelumnya di Tabanan mereka diberikan mapeling. Biasanya untuk mapaling adalah 7 hari. Tetapi kalau dinilai sudah terbiasa, mungkin bisa sampai 3 hari ke depan. Tergantung kondisi masing-masing,” ujarnya.

Menurut Setyawan, sebenarnya ada 19 narpidana yang dipindahkan dari LP Tabanan. Di mana 11 orang dipindahkan LP Singaraja, dan 8 sisanya dipindah ke Rutan Negara. Pemindahkan belasan narapidana dari LP Tabanan, itu dipertimbangkan atas kondisi LP Tabanan yang sebenarnya lebih dipusatkan sebagai tempat rehabilitasi narapidana kasus narkotika, termasuk pertimbangan jumlah LT Tabanan yang sudah begitu overload.

Untuk masa hukuman 8 narapidana pindahan dari Tabana, itu bervairiasi. Yang paling lama adalah terkait kasus pencurian, dengan vonis hukuman sampai November 2021. Sedangkan yang tercepat adalah terkait kasus lakalantas yang divonis sampai Maret 2020. “Tidak ada tahanan khusus. Yang dipindah ke Negara, ini juga sebagian dari daerah terkekat. Selain memang dari Jembrana, juga ada sebagian dari Jawa, dan memang kalau dicari dekat, kalau dari Jawa lebih dekat ke Jembrana,” ucap Bambang.

Setelah menerima tambahan 8 narapidana dari LP Tabanan tersebut, Bambang mengakui, kini ada sebanyak 139 tahanan di Rutan Negara. Jumlah tahanan di Rutan Negara, itu sejatinya telah overload jika dibandingkan kapasitas ideal, yakni 74 tahanan. “Tetapi overladnya tidak dalam artian parah. Memang overoad, tetapi masih nyaman lah  untuk ditempati 139 tahanan. Tidak ada yang sampai tidak dapat tempat tidur. Apalagi sampai tidur yang seperti kelelawar dengan posisi berdiri, karena ruangan yang terlalu penuh,” pungkasnya. *ode

loading...

Komentar