nusabali

KKG Susun Naskah Soal Ujian SD/MI

  • www.nusabali.com-kkg-susun-naskah-soal-ujian-sdmi

Kelompok Kerja Guru (KKG) sepakat membuat naskah soal ujian sekolah untuk SD/MI tahun ajaran 2019/2020.

AMLAPURA, NusaBali

Masing-masing sekolah menggandakan soal sesuai kebutuhan. menegaskan hal itu di hadapan sejumlah pengawas SD dan Kasek SD di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura, Selasa (4/2).

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Nyoman Merta mengatakan, ujian SD/MI diikuti 7.384 siswa. Dikatakan, tidak mungkin tiap satuan pendidikan menyusun soal dan menggandakannya. Makanya dilakukan kerjasama, KKG membuat materi ujian. Pengawas SD, I Gusti Ketut Panon mengatakan, sebelum menyusun materi soal ujian, KKG mengikuti pelatihan. Saat pelatihan nanti, membuat kisi-kisi soal dan menyusun soal untuk ujian sekolah. “Tugas KKG hanya membantu membuatkan soal ujian,” jelas I Gusti Ketut Panon yang wilayah kerjanya di Kecamatan Karangasem.  

Pengawas SD lainnya, Ngakan Putu Suarjana menambahkan, KKG di tiap gugus atau tiap kecamatan dikumpulkan untuk membahas teknik membuat soal. Sementara Ketua K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SD Kecamatan Rendang I Dewa Gede Suardana mengapresiasi rencana KKG membantu membuatkan materi soal ujian. Sehingga pihak sekolah dimudahkan. “KKG di tiap kecamatan berunding menyusun materi soal ujian,” katanya.

Hanya saja agenda ujian sekolah belum ditentukan, sebab tidak diatur POS (prosedur operasional standar). Sebelumnya tertuang dalam POS jadwal USBN untuk SD/MI dari tanggal 2-4 Mei 2020 dan jadwal susulan dari taggal 6-8 Mei 2020. Setelah terbit Permendikbud Nomor 43 tahun 2019, jadwal itu tidak berlaku. *k16

Komentar