nusabali

Suyasa Terima Audiensi Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar

  • www.nusabali.com-suyasa-terima-audiensi-kepala-rumah-detensi-imigrasi-denpasar

Wakil Ketua I DPRD Badung Wayan Suyasa didampingi Kasubag Perencanaan Bappeda Badung Nyoman Yusmantara, menerima audiensi Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Onward Victor ML Toruan yang didampingi sejumlah stafnya, Selasa (4/2).

MANGUPURA, NusaBali

Selain untuk memperkenalkan diri karena baru sebulan menjabat, kedatangannya ke DPRD Badung juga untuk memohon bantuan perbaikan fasilitas kantor seperti taman dan jalan di lingkungan kantor yang beralamat di Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Menurut Onward Victor ML Toruan, Rumah Detensi Imigrasi Denpasar merupakan tempat untuk menampung tahanan Imigrasi yang mayoritas berkewarganegaraan asing. Mereka ditahan karena sejumlah pelanggaran keimigrasian seperti overstay (kelebihan tinggal) maupun penyalahgunaan visa. Dia menunjuk ada WNA memiliki visa kunjungan tetapi dalam kenyataannya mereka bekerja di Bali.

Saat ini, ujarnya, ada tiga wanita warga negara Nigeria dengan visa turis, ternyata bekerja sebagai pekerja seks komersial di Bali. “Saat ini ada tiga PSK berkewarganegaraan asing,” tegasnya.

Onward yang sebelumnya bertugas di Batam, Kepulauan Riau, menyatakan  karena tahanan asing, banyak keluarga maupun koleganya berkunjung ke Rumah Detensi Imigrasi ini. “Ketika mereka datang mendapatkan fasilitas jalan lingkungan yang sudah hancur, tentu saja akan berpengaruh terhadap citra Bali khususnya Badung sebagai destinasi wisata,” katanya.

Untuk itulah, dia berharap DPRD Badung bisa memfasilitasi sehingga perbaikan jalan lingkunngan termasuk pertamananya bisa diperbaiki. Selain memberi kenyamanan bagi keluarga tahanan yang akan berkunjung, citra Badung sebagai destinasi pariwisata dunia juga takkan tercoreng.

Dia menambahkan, sebelumnya usulan perbaikan jalan lingkungan sudah pernah diajukan ke Bupati Badung. Bupati pun sudah menunjuk staf teknisnya untuk melakukan observasi. Namun sampai saat ini, permohonan kami belum terwujud. “Untuk itulah, kami memohon bantuan Dewan Badung untuk memfasilitasi,” ungkapnya.

Wayan Suyasa menyambut baik dan bisa memahami permohonan yang diajukan pihak Rumah Detensi Imigrasi Denpasar yang kantornya ada di wilayah Badung. Untuk itulah, politisi Partai Golkar asal Penarungan tersebut, langsung menghadirkan petugas dari Bappeda Badung. Selain itu, Ketua DPD II Golkar Badung tersebut sudah langsung melakukan komunikasi dengan Kepala PUPR IB Surya Suamba. “Kami berharap pada perubahan 2020 ini ada progres dari permohonan fasilitas jalan di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar ini,” kata Suyasa.

Kasubag Perencanaan Bappeda Badung Nyoman Yusmantara menyatakan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak PUPR. Harapannya, pada perubahan 2020 mendatang, ada progres perbaikan jalan lingkungan di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Acara diakhiri dengan foto bersama di ruang Wakil Ketua I DPRD Badung. *asa

Komentar