nusabali

Karangasem Raih Penghargaan dari BNPB

  • www.nusabali.com-karangasem-raih-penghargaan-dari-bnpb

Pemkab Karangasem meraih penghargaan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) atas partisipasinya secara aktif dan kontinyu melakukan penanggulangan bencana selama tahun 2019.

AMLAPURA, NusaBali

Penghargaan diserahkan Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Mordano kepada Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Bupati Mas Sumatri memaparkan, penghargaan diberikan di sela-sela rapat koordinasi nasional Badan Penanggulangan Bencana yang merupakan acara rutin setiap tahun. Dalam rapat itu, BNPB melakukan evaluasi kebencanaan selama tahun 2019. Acara diawali arahan dari Presiden RI Joko Widodo agar pemerintah daerah se-Indonesia meningkatkan kesiap-siagaan terhadap bencana. Apalagi bencana banyak macamnya, sedapat mungkin bersinergi dengan relawan, masyarakat, TNI dan Polri.

Anggota BPBD di daerah tidak mungkin mampu menanggulangi bencana dengan maksimal di tengah terbatasnya anggota, dukungan fasilitas, dan anggaran. Saat terjadi bencana, yang paling tahu lokasi dan kondisi geografis adalah warga setempat. Bupati Mas Sumatri didampingi Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa mengaku terharu atas penghargaan dari BNPB kepada Pemkab Karangasem. “Kami berusaha keras melakukan penanganan bencana, mengedukasi masyarakat, bersinergi dengan relawan, TNI, Polri, dan masyarakat. Ternyata hasilnya membanggakan dan dinilai layak dapat pengharagan,” kata Bupati Mas Sumatri.

Dikatakan, selain membanggakan, prestasi juga menjadi beban agar mampu berbuat lebih baik di tahun-tahun mendatang. Terlebih lagi tantangan menghadapi kebencanaan semakin kompleks, apalagi Gunung Agung masih statusnya siaga, setiap saat mengepulkan asap. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mengaku termotivasi untuk berbuat lebih baik di tahun-tahun mendatang. “Apa yang kami perbuat berkat dukungan semua pihak, didukung relawan, TNI, Polri, dan masyarakat saat melakukan penanganan di lapangan,” jelasnya.  *k16

loading...

Komentar