nusabali

Gubernur Koster Harapkan Pemaknaan Sejarah Pura Tak Berhenti pada Generasi Tua

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-harapkan-pemaknaan-sejarah-pura-tak-berhenti-pada-generasi-tua

Gubernur Bali Wayan Koster berharap masyarakat senantiasa memaknai sejarah pura, dan hal itu diteruskan pula kepada generasi muda guna peningkatan sradha kepada leluhur.

TABANAN, NusaBali

Hal itu disampaikan Gubernur Koster saat menghadiri rangkaian Karya Agung Tawur Balik Sumpah, Padudusan Agung, Menawa Ratna, Melaspas Ngenteg Linggih lan Mupuk Pedagingan di Pura Dadia Agung Pasek Tohjiwa, Banjar Jakatebel, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan pada Saniscara Paing Warigadean, Sabtu (1/2).

“Mari kita maknai sejarah pura ini dan meneruskannya kepada anak-anak (generasi muda) kita. Kehidupan jangan berhenti pada generasi tua. Karena jika tidak diteruskan akan berhenti. Marilah kita jadikan generasi muda paham, jadikan mereka cerdas dan berbudi pekerti, karena itu tugas kita,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Koster juga berharap ritual keagamaan dapat memberikan makna dan inspirasi serta motivasi, ketenangan jiwa, dan keteguhan batin untuk melanjutkan swadarma sebagai warga negara yang baik. Menurutnya, kehidupan beragama harus memberikan arti penting dan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Gubernur Koster menyampaikan apresiasi terhadap semangat kebersamaan yang ditunjukkan Pasametonan Warga Pasek Tohjiwa dengan terlaksananya yadnya tersebut. Dalam menjalankan karya harus didasari rasa tulus dan ikhlas.

Ketua Panitia Karya I Nyoman Ardika, mengatakan Pasametonan Warga Pasek Tohjiwa, Desa Tangguntiti ini disungsung oleh 600 kepala keluarga (KK) sejebag Bali. Mereka tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Tabanan, Badung, Jembrana, Buleleng, dan Kota Denpasar. Karya agung ini baru bisa  terlaksana kembali setelah 38 tahun lalu.

Karya akan berlangsung selama 20 hari, puncaknya pada Anggara Kliwon Julungwangi, Selasa (4/1), dipuput oleh sembilan sulinggih. Sedangkan Nyimpen akan digelar pada Redite Wage Kuningan atau 23 Februari 2020 mendatang.

Gubernur Koster bersama Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama serta para tokoh Pasametonan Arya Agung Pasek Tohjiwa melakukan persembahyangan bersama. Kemudian disusul penyerahan punia sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. *

Komentar