nusabali

SMK WWG Safari ke SMP se-Karangasem

  • www.nusabali.com-smk-wwg-safari-ke-smp-se-karangasem

Walau kenaikan kelas masih lama, dan penerima siswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021, juga masih lama, SMK WWG (Sekolah Menengah Kejuruan Widya Wisata Graha) Amlapura, mulai gencar melakukan safari menyasar seluruh SMP Negeri dan SMP Swasta se-Karangasem yang berjumlah 54 sekolah.

AMLAPURA, NusaBali

Tujuannya untuk memperkenalkan SMK WWG, agar banyak lulusan SMP berminat melanjutkan sekolah, yang secara khusus belajar bidang manajemen pariwisata, ke sekolah yang dipimpinnya. Kasek SMK WWG Ni Nyoman Supadmi yang mengkoordinasikan tim yang dibentuk di delapan kecamatan menggelar safari secara berkelanjutan ke sekolah-sekolah. Terakhir mendatangi SMPN 4 Amlapura di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Sabtu (1/2).

Ni Nyoman Supadmi mengatakan, guna memudahkan melakukan safari pendidikan membentuk delapan tim. Masing-masing tim bertugas di tiap kecamatan mendatangi seluruh SMP Negeri, SMP Swasta dan SMP Negeri Satu Atap.

Misalnya Tim Kecamatan Abang dipimpin Agus Eka, Tim Kecamatan manggis dipimpin Agus Tawan, Tim Kecamatan Karangasem dipimpin Wayan Sari Ardianti dan sebagainya. Walau SMK WWG sudah dikenal di Karangasem di mata Ni Nyoman Supadmi, tetap perlu disosialisasikan, baik melalui media sosial, media cetak, media elektronik, dan mendatangi langsung ke sekolah-sekolah sehingga berkesempatan bertatap muka dengan guru pengajar, siswa dan orangtua siswa.

Saat tatap muka itulah, berkesempatan meyakinkan calon siswa, yang berminat ke jenjang pendidikan SMK bidang pariwisata, sehingga tertarik ke SMK WWG. "Tentu saja alasannya, saya telah banyak menamatkan siswa langsung kerja, di hotel, restoran, kapal pesiar dan yang-lain-lainnya. Sebab, di sekolah saya memiliki guru produktif yang profesional, pendidikannya sesuai standar sesuai kebutuhan industri," jelas Ni Nyoman Supadmi.

Disebutkan di SMK WWG hanya menyediakan program keahlian Akomodasi Perhotelan, dilengkapi lab restoran, front office, room, kitchen dan ruang praktek lainnya. Tim mendatangi sekolah-sekolah, bahkan mendemonstrasikan cara memasak sesuai standar restoran, sehingga pendidikan yang didapatkan benar-benar siap kerja. Siswa SMP yang didatangi dipersilakan menikmati masakan yang didemonstrasikan.

Selain berkunjung ke SMPN 4 Amlapura, juga ke SMPN 6 Amlapura, SMPN 4 Bebandem, SMPN 5 Abang, dan SMPN Satu Atap Bebandem. "Sementara hanya sebatas itu saya kunjungi, nantinya berkelanjutan," kata Ni Nyoman Supadmi.

Kasek SMPN 4 Amlapura I Wayan Rangki mengapresiasi kedatangan SMK WWG. "Ya mereka datang mensosialisasikan program sekolah, dan melakukan demonstrasi memasak, siswa kemudian disuruh mencoba," katanya. *k16

loading...

Komentar