nusabali

Diskes Geber Fogging ULV Hingga Mei 2020

  • www.nusabali.com-diskes-geber-fogging-ulv-hingga-mei-2020

Mengantisipasi kasus demam berdarah dengue (DBD) mewabah, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung menjadwalkan fogging dengan menggunakan ULV (ultra low volume) di semua kecamatan.

MANGUPURA, NusaBali

Meski fogging digencarkan, namun masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. “Kegitan fogging sudah kami lakukan dari 30 Januari 2020. Beberapa desa sudah kami mulai seperti di Desa Dalung (Kuta Utara), Desa Pecatu (Kuta Selatan), Desa Cemagi (Mengwi). Saat ini masih terus berlangsung,” ungkap Kadiskes Badung dr I Nyoman Gunarta, Minggu (2/2).

Pada kegiatan fogging yang dilakukan, Diskes membaginya menjadi dua cycle atau siklus. “Jadi, setiap kecamatan sudah ada jadwalnya masing-masing. Target kami Mei 2020 sudah selesai semua,” tegasnya.

Disinggung keberadaan sarana dan prasarana dalam kegiatan fogging yang dilakukan, mantan Dirut RSD Mangusada ini memastikan sudah siap. “Mesin ULV ada tiga unit beserta mobilnya. Kami juga punya mesin fogging 16 buah dengan lima regu fogging. Satu regu beranggota delapan orang. Di masing-masing kecamatan juga sudah ada mesinnya, begitu juga di desa yang dilakukan secara swadaya,” ungkapnya.

Sekalipun program fogging digencarkan, namun masyarakat tetap diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan di daerah masing-masing. Sebab, kata dr Gunarta, tidak cukup mencegah wabah DBD hanya dengan fogging saja. Dalam upaya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bebas dari berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti, masyarakat bisa melakukan upaya 3M plus. Artinya selain menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang dapat menimbulkan genangan air, diimbangi pula dengan penaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air; menggunakan obat antinyamuk; menggunakan kelambu saat tidur; memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; serta hindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah.

Seperti diketahui, kasus DBD merebak di wilayah Banjar Piakan, Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal. Sejumlah warga Banjar Piakan dilaporkan terkena DBD. Berdasarkan dari Diskes Badung, kasus DBD sepanjang Januari 2020 tercatat sebanyak 56 kasus, tersebar di seluruh kecamatan se-Badung. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, kasus DBD di Badung turun. *asa

Komentar