nusabali

Satu Rumah Hangus Terbakar di Banyuning

  • www.nusabali.com-satu-rumah-hangus-terbakar-di-banyuning

Peristiwa yang menghanguskan seluruh harta benda korban Sumitra Yasa terjadi saat kondisi rumah sedang kosong.

SINGARAJA, NusaBali

Warga Jalan Gempol, Kelurahan Banyuning, Kecamatan/Kabupaten Buleleng panik saat kebakaran melalap sebuah rumah di pinggir jalan provinsi itu Minggu (2/2/2020) pukul 21.30 Wita. Api melalap habis sebuah rumah di lingkungan Banyuning Barat, Kelurahan Banyuning, milik Putu Sumitra Yasa, 37.

Peristiwa yang menghanguskan seluruh harta benda korban Sumitra Yasa terjadi saat kondisi rumah sedang kosong. Korban beserta keluarganya sedang mempersiapkan upacara piodalan di sanggah merajan. Korban pun baru mengetahui kebakaran itu saat ditelepon oleh tetangganya.

Korban Sumitra Yasa yang ditemui saat kejadian terlihat masih sangat shock. Dia pun menyebut selain peralatan rumah tangga juga kehilangan uang tunai Rp 3 juta dan surat-surat berharga. “Tadi saya tidak ada di rumah, sedang di merajan mau odalan tanggal 5, hangus semua ada surat-surat dan ada uang juga Rp 3 juta,” ungkapnya.

Dia pun mengaku tak mengetahui pasti penyebab kebakaran yang melalap rumahnya. Seorang saksi Kadek Nuriadi, 40, yang juga warga setempat mengatakan peristiwa kebakaran itu baru diketahui warga setelah ada kepulan asap dan api yang langsung membesar di rumah Sumitra Yasa. Kejadian itu pun langsung membuat warga sekitranya panik, mengingat kawasan itu adalah kawasan padat penduduk.

“Rumah saya di belakang, tadi pas kejadian di depan sini, tiba-tiba ada kepulan asap dan apinya langsung besar, tadi ada yang dengar bunyi ledakan juga, tidak tahu asal apanya apakah dari dapur atau darimana,” ucap Nuriada.

Sementara itu petugas Pemadam Kebakaran langsung mengerahkan tiga armada untuk memadamkan api dan menghabiskan enam tangki air. Upaya cepat PLN untuk memadamkan aliran listrik juga sangat cepat sehingga tak terjadi korsleting dan rembetan api ke bangunan lainnya.

Kapolsek Kota Singaraja, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, yang juga ditemui di lokasi kejadian mengatakan setelah menerima laporan timnya langsung turun ke lokasi untuk mengumpulkan data dan keterangan saksi. Sejauh ini dirinya pun belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan satu rumah warga Banyuning itu. “Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya ke merajan, penyebab kebakaran dan jumlah kerugiannya masih kami dalami dulu,” kata Kompol Yudistira.*k23

Komentar