nusabali

Proyek DPT Dalem Tengaling Ambrol

  • www.nusabali.com-proyek-dpt-dalem-tengaling-ambrol

Dinding Penahan Tanah (DPT) di Pura Dalem Tengaling, Banjar Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Bangli ambrol.

BANGLI, NusaBali
DPT tersebut merupakan proyek anyar dengan anggaran miliaran rupiah. Sesuai aturan, pengerjaan proyek DPT dikerjakan dengan sistem swakelola. Beredar informasi proyek tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga.

Salah seorang pangempon pura mengatakan, pembuatan DPT untuk penyangga agar Pura Dalem Tengalih tidak jebol karena sebagian bangunan mengalami keretakan. Sebelah barat pura ada jurang yang dalam. “Awal perencanaan hanya membuat DPT, namun berubah. Aliran air di jurang diurug, harapannya bisa dijadikan lahan parkir bagi pamedek,” ungkap sumber yang namanya tak minta dikorankan ini, Minggu (2/2). Dalam proses pengerjaan, aliran air dibuatkan terowongan baru. Namun karena bibir terowongan lebih tinggi maka air tidak bisa masuk dalam terowongan.

Dikatakan, dalam pelaksanaan proyek, seharusnya dikerjakan dengan sistem swakelola namun diambil pihak ketiga. Pihak ketiga itu berasal dari Denpasar. Sedangkan Pura Dalem Tengaling diempon sebanyak 200 krama pangarep. Terpisah, Perbekel Desa Tamanbali Nyoman Suargita mengatakan proyek DPT ambrol pada Kamis (30/1) lalu ketika hujan melanda wilayah Bangli. Pihaknya menyebutkan proyek anyar ini dikerjakan sebelum dirinya menjabat perbekel. “Kami tidak tahu persis kegiatan tersebut karena sebelum menjabat sebagai perbekel kegiatan itu sudah berjalan,” akunya. *esa

loading...

Komentar