nusabali

Usai 6-7 Balapan, Rossi Siap Putuskan Pensiun atau Terus

  • www.nusabali.com-usai-6-7-balapan-rossi-siap-putuskan-pensiun-atau-terus

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi bersama Yamaha akan memutuskan masa depannya, akan tetap membalap atau pensiun dari MotoGP pada pertengahan musim 2020.

KUALALUMPUR, NusaBali

Diperkirakan keputusan Rossi setelah MotoGP 2020 menyelesaikan 6-7 balapan. Rossi akan menjalani musim ke-15 sebagai rider tim Yamaha Factory Racing pada musim 2020. Posisinya akan digantikan Fabio Quartararo pada musim 2021, sekaligus yang akan menjadi rekan satu tim Maverick Vinales.

Setelah berdiskusi dengan tim, rider asal Italia itu akan mengambil keputusan final pada medio musim tahun ini. Hal itu juga dilakukan dengan mengevaluasi tentang kecepatannya di trek dibandingkan dengan para pesaing lainnya di grid MotoGP dalam tujuh atau delapan balapan seri awal musim ini.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis pun mendukung dan menghargai keputusan dari rider yang akan genap berusia 41 tahun pada 16 Februari nanti.

"Di saat kami memiliki rasa hormat dan keyakinan yang tinggi terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Valentino pada kejuaraan 2020, pada saat yang sama Yamaha juga memiliki rencana untuk masa depan," kata Jarvis, dikutip laman resmi tim, Rabu (29/1).

Apabila Rossi memutuskan terus membalap, Yamaha menjamin akan tetap memberinya motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan untuk membalap dan dukungan teknis. Jika dia memutuskan untuk pensiun, Yamaha akan melanjutkan kolaborasi mereka di luar trek dengan para pebalap muda dari program pelatihan dan Yamaha VR46 Master Camp, dengan Rossi sebagai ambassadornya.

Sementara itu, Yamaha tetap mendukung penuh upaya Rossi pada tahun ini yang menjadi tahun ke-25-nya di kejuaraan dunia balap motot. Juga tahun ke-21 di kelas premier dan tahun ke-15 bersama Yamaha.

Rossi pun mengungkapkan jika Yamaha memintanya membuat keputusan sejak awal tahun in. Namun dia tak ingin terburu-buru dan meminta sejumlah waktu, dan fokus menghadapi musim ini dengan kepala kru baru.

"Sebelum itu, saya membutuhkan sejumlah jawaban yang hanya bisa dijawab di trek dan oleh beberapa balapan pertama. Saya senang, jika saya memutuskan untuk lanjut, Yamaha siap untuk mendukung saya dalam semua hal, memberi saya motor spesifikasi pabrikan dan kontrak pabrikan,”kata Rossi.

Sebelum seri perdana musim ini digelar di Qatar 8 Maret, Viñales dan Valentino Rossi akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6 Februari.  *ant

Komentar