nusabali

Dermaga II Bermasalah, Picu Antrean di Padangbai

  • www.nusabali.com-dermaga-ii-bermasalah-picu-antrean-di-padangbai

Antrean di Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem sempat padat beberapa waktu terakhir menyusul rusaknya salah satu dermaga utama.

AMLAPURA, NusaBali
Seperti terlihat Senin (5/10), di siang hari sempat antrean terjadi hingga ke luar pelabuhan, terutama truk-truk besar (TB), sedangkan memulai sore hari antrean numplek di areal pelabuhan. Hal itu dampak dari rusaknya Dermaga II, karena bagian 3 meter bibir jembatan keropos. 

Petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai melakukan penjagaan di tiga pos, guna menghindari terulangnya kasus pencurian di dalam kapal. Juga memeriksa barang penumpang yang naik dan turun dari dan menuju kapal. Kapolsek Kompol I Made Darsana yang memimpin penjagaan itu di Pelabuhan Padangbai, Senin kemarin.
Kompol Darsana mengatakan, sempat antrean truk-truk besar hingga ke luar pelabuhan. “Sore hari telah mampu diarahkan antrean hanya sekitar Pelabuhan Padangbai. Mudah-mudahan bertahan antreannya di sekitar pelabuhan,” katanya.
Sebab, jika antrean sampai luar pelabuhan, perlu petugas jaga 24 jam, di dua ujung antrean guna mengatur keluar masuk kendaraan, agar tidak krodit. “Memang padatnya antrean, karena Dermaga II bermasalah,” katanya. 

Tim terpadu penanggulangan identitas penumpang Karangasem selama 24 jam terakhir, katanya, belum menemukan adanya penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai, tanpa identitas. Hanya tengah menangani kasus pencurian di dalam KMP Swarna Cakra, yang terjadi pukul 10.30 Wita, Minggu (4/10).

Sebuah HP Samsung Galaxy V milik ABK KMP Swarna Cakra, Bambang Irianto, 29,  dari Desa Kemiri, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, hilang. Pencurinya M Jufriadi, 24, dari Dusun Pejaing, Desa Wakan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. 

Pencuri itu mengambil di ruang istirahat ABK, dimasukkan ke saku celana jin biru bagian kiri. Saat pencuri digeledah, barang itu ditemukan, dan telah menjadi barang bukti kasus.
Sebelumnya, Supervisi PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, I Wayan Rusta menjanjikan, perbaikan Dermaga II, Oktober 2015. Begitu barangnya tiba, pengerjaan berlangsung. Pengerjaan nanti, sifatnya tambal sulam.

Komentar