nusabali

Sumatri-Sukerana Mulai Dikenalkan kepada Masyarakat

  • www.nusabali.com-sumatri-sukerana-mulai-dikenalkan-kepada-masyarakat

Meski belum resmi kantongi rekomendasi dari parpol koalisi non PDIP, pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana sudah mulai diperkenalkan kepada masyarakat sebagai Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) untuk maju tarung Pilkada Karangasem 2020.

AMLAPURA, NusaBali

Paket Mas Sumatri-Sukerana diperkenalkan ke masyarakat saat hadiri acara pengobatan gratis dan meninjau jalan lingkar yang rusak di Banjar Juntal Kaja, Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (30/1) pagi.

Made Sukerana, mantan Wakil Bupati Karangasem 2010-2015 dan eks Ktua DPD II Golkar Karangasem 2015-2018 lebih dulu berada di lokasi, karena memang berasal dari Banjar Juntal, Desa Kubu. Adalah Made Sukerana pula yang menyambut kedatangan IGA Mas Sumatri, yang hadir selaku Bupati Karangasem 2016-2021, Kamis pagi pukul 09.00 Wita. Mas Sumatri-Sukerana lanjut meninjau jalan rusak sambil bincang-bincang, sebelum kemudian ke Bale Banjar Juntal Kaja menyaksikan acara pengobatan gratis, hingga siang pukul 11.00 Wita

Acara pengobatan gratis di Bajuar Juntal Kaja, Desa Kubu, Kamis kemarin juga dihadiri Camat Kubu Nyoman Suratika, anggota Fraksi Golkar DPRD karangasem Dapil Kecamatan Kubu I Nyoman Musna Antara dan I Wayan Dikep, serta sejum-lah kelian banjar dan tokoh masyarakat. Saat meninjau jalan lingkar yang rusak, Mas Sumatri dan Sukerana tampak jalan berdampingan sambil ngobrol akrab.

Mejawab NusaBali, Sukerana secara tidak langsung mengakui acara pengobatan gratis kemarin sekaligus menjadi ajang pengenalan paket Mas Sumatri-Sukerana kepada masyarakat Desa Kubu. Langkah ini diharapkan bisa memuluskan jalan mereka menuju Pilkada Karangasem 2020.

"Pertama kan saya ini selaku tokoh masyarakat Desa Kubu, wajar menyambut kedatangan Bupati Karangasem. Kedua, jika paket ini (Mas Sumatri-Sukerana) telah dikukuhkan nanti, siap memenangkan minimal 75 persen suara di Kecamatan Kubu dalam Pilkeda Karangasem 2020 mendatang,” jelas politisi Golkar yang sempat duduk di DPRD Bali 2009-2010 dari PKPI Dapil Karangasem ini.

Sementara itu, Bupati Mas Sumatri mengatakan bukan hanya Made Sukerana yang menyambutnya saat melakukan kunjungan kerja di Desa Kubu, Kamis kemarin. "Camat Kubu, Perbekel Kubu, kelian banjar se-Desa Kubu, dan tokoh masyarakat lainnya juga ikut menyambut saya," tegas Mas Sumatri.

Jika ada yang mengaitkan kedatangannya dengan ajang pengenalan paket Mas Sumatri-Sukerana kepada masyarakat, menurut Mas Sumatri, biarkan masyarakat Kecamatan Kubu yang menilai. "Jika paket ini dinilai layak, kenapa tidak dilanjutkan? Ini kan bagian dari uji publik," beber Bupati asal banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem yang juga Ketua DPD NasDem Karangasem ini.

Pasangan Mas Sumatri-Sukerana sendiri hampir final akan diusung koalisi parpol non PDIP yang dimotori Golkar-NasDem di Pilkada Karangasem, 23 September 2020 mendatang. Mas Sumatri dan Sukerana sama-sama dipanggil ke Kantor Sek-retariat DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati 9 Denpasar, Minggu (19/1) lalu, untuk persiapan survei kandidat.

Kedatangan Mas Sumatri dan Sukerana ke Sekretariat DPD I Golkar Bali kala itu diterima langsung Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Golkar, Gede Sumarjaya Linggih, yang sekaligus Plt Ketua DPD I Golkar Bali. Demer didampingi fungsionaris DPP Golkar Dewa Made Widiyasa Nida, Wakil Ketua Bidang OKK DPD II Golkar Karangasem I Wayan Sekep Ariana, dan anggota Pemenangan Pemilu Wilayah Bali DPP Golkar I Putu Yuda Suparsana.

Paket Mas Sumatri-Sukerana digadang-dagang akan tarung head to head melawan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa, yang kemungkinan bakal diusung PDIP sebagai pasangan Cabup-Cawabup Karangasem di Pilkada 2020. Gede Dana adalah poli-tisi senior asal Desa Datah, Kecamatan Abang yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Karangasem dan sekaligus Ketua DPRD Karangasem 2019-2024.

Sedangkan Wayan Artha Dipa adalah kader Golkar asal Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem yang kini masih menjabat Wakil Bupati Karangasem 2016-2021, mendampingi Mas Sumatri. Awalnya, Artha Dipa menjadi Penasihat Partai NasDem Karangasem. Namun, dia banting haluan gabung ke Golkar, November 2019 lalu.

Artha Dipa yang notabene mantan Kepala Bappeda Karangasem, bahkan sempat mendaftar nyalon di Golkar untuk Pilkada 2020. Namun, tiba-tiba Artha Dipa mundur dari pencalonan di Golkar, dengan alasan karena Mas Sumatri telah membonceng Sukerana saat mendaftarkan pencalonannya ke Kantor Sekretariat DPD II Golkar Karangasem. *k16

loading...

Komentar