nusabali

Ratusan LPJ UTS di Jalur Besakih Mati

  • www.nusabali.com-ratusan-lpj-uts-di-jalur-besakih-mati

Sebanyak 150 LPJ UTS (Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) jalur Banjar Batusesa, Desa Menanga, menuju Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem mati.

AMLAPURA, NusaBali

Lampu itu dipasang sepanjang jalan dengan jarak tiang lampu tiap 20 meter. Imbasnya, jalur timur Pura Besakih jadi gelap.

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Ida Bagus Putu Suastika mengakui LPJ UTS ada yang mati. “Ada juga yang rusak, tetapi sudah diperbaiki,” ungkap Ida bagys Suastika, Rabu (29/1). Dikatakan, LPJ UTS menyala mulai pukul 18.30 Wita dan mati pukul 06.30 Wita. Hanya saja dia mengaku belum menerima laporan ratusan lampu mati di jalur Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang hingga Desa Besakih.

Dikatakan, belakangan ini cuaca lagi mendung sehingga menyebabkan lampu mati. “Asal ada cahaya matahari, masih mampu menyimpan strum dan cukup digunakan untuk satu malam,” imbuhnya. NusaBali saat melintas pukul 20.00 Wita terlihat  semua LPJ UTS mati. Dari arah selatan mulai dari Banjar Batusesa Desa Menanga, Banjar Palak, Banjar Batang, hingga Banjar Besakih Kangin Desa Besakih.

LPJ UTS merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan tahun 2019. Dipasang pada Oktober 2019 sebanyak 325 titik di beberapa tempat. Alokasi pemasangan di jalur Kawasan Suci Pura Besakih sebanyak 150 titik, jalur jalan Banjar Pakel, Desa Antiga, Kecamatan Manggis sebanyak 35 titik, seputar Desa Muncan, Kecamatan Selat dan jalur Desa Abang, Kecamatan Abang hingga Banjar Tanah Aron, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem masing-masing 20 titik.

Bahkan sampai ke pelosok desa yang lokasinya di pegunungan juga kebagian, seperti Banjar Kedampal Desa Datah, Kecamatan Abang tembus Banjar Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, sebanyak 15 titik. Begitu juga yang lokasinya di lereng Gunung Agung, Banjar Untalan menuju Banjar Galih, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem kebagian 10 titik. Juga di Banjar Muntigunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu juga kebagian 10 titik, dan yang-lainnya.

Tiap paket LPJ UTS masing-masing berkekuatan 40 watt. Perlengkapannya terdiri dari modul solar panel 150 Wp, lampu led 40 watt sama dengan kekuatan 160 watt lampu mercuri, baterai deep cucle VRLA 12 V75 Ah 2 pcs, baterai control unit auto on/off, box power, solar bracket, dan lainnya. *k16

loading...

Komentar