nusabali

Kembali Lawan Lalenok, PSM Diminta Membumi

  • www.nusabali.com-kembali-lawan-lalenok-psm-diminta-membumi

Meski unggul agregrat 4-1 atas Lalenok United, pelatih PSM Makassar Bojan Hodak memperingatkan para pemainnnya agar tetap membumi.

CIBINONG, NusaBali

Ya, PSM menjamu Lalenok United dari Timor Leste  pada leg kedua kualifikasi Piala AFC 2020, di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (29/1) sore Wita.

Tim Juku Eja menang 4-1 dari hasil leg pertama. Di atas kertas, Lalenok sulit membalikkan keadaan. Tim asal Timor Leste itu haru menang minimal 4-0. Meski peluang PSM lolos ke babak utama sangat besar, Hodak memperingatkan, laga tetap dimulai dengan skor 0-0, bukan 4-1.

"Pertandingan pertama menurut saya cukup menantang untuk kami. Setelah satu pekan latihan, ini bukan pertandingan yang saya harapkan sekeras ini," kata Bojan, di Sentul, Bogor, Selasa (28/1).

PSM menatap laga ini bukan sekadar bermain aman. Mereka bertekad mengejar kemenangan lagi. Hodak menegaskan, timnya akan mencoba memenangkan pertandingan. Karena itu dia mengingatkan sekali lagi kalau pertandingan dianggap masih 0-0.

Sementara penyerang PSM Ferdinand Sinaga mewaspadai kesolidan Lalenok. Menurutnya, Lalenok itu tim yang solid. Mereka sudah bersama-sama sejak liga divisi ketiga, divisi kedua di Timor Leste lalu naik ke divisi teratas. Jadi mereka saling kenal sejak lama.

Lalenok, klub yang dilatih pelatih asal Indonesia Yance Matmey, sukses merangkak ke liga teratas Timor Leste, yakni Liga Utama, dalam waktu tiga tahun. Pada tahun 2017, Lalenok menjadi juara dan promosi ke Divisi Dua pada tahun berikutnya. Lalu, pada 2019, mereka promosi ke divisi tertinggi liga Timor Leste setelah menjadi peringkat kedua (runner up) divisi kedua. Di Divisi Utama, Lalenok langsung menjadi juara. Bukan cuma itu, skuat berjuluk “The Lobsters” juga melengkapi tahun 2019 dengan gelar kampiun turnamen domestik Piala 12 November (Taca 12 de Novembro) dan Piala Super LFA (LFA Super Taca).

Fakta-fakta tersebut menjadi perhatian khusus Ferdinand. Lalenok tetap berpotensi tampil mengejutkan meski di leg pertama pada Rabu (22/1) lalu di Bali, Lalenok sebagai tuan rumah takluk 1-4.

Ferdinand tetap yakin PSM lolos ke fase grup Piala AFC 2020. Pasalnya, timnya mempersiapkan diri sesuai arahan pelatih dan sangat siap. Di leg kedua sebagai tuan rumah, PSM akan bermain lebih baik.

Jika lolos, PSM akan bergabung di Grup H Piala AFC 2020 bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Laos) dan Shan United (Myanmar). *

Komentar