nusabali

2 Pohon Tumbang Timpa Bale Pasucian

  • www.nusabali.com-2-pohon-tumbang-timpa-bale-pasucian

Hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon pule dan beringin tumbang menimpa bangunan Pura Taman Sari di Banjar Tanggayuda, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Senin (27/1) sore.

GIANYAR,NusaBali

Tidak ada korban jiwa. Namun kerugian material sekitar Rp 250 juta. Dua pohon jenis pule dan beringin tumbang nyaris bersamaan. “Dahan pohon diguyur hujan lalu diterpa angin kencang, sehingga tidak mampu menahan beban. Dahan patah, kemudian menimpa Bale Pasucian,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, AA Gde Oka Digjaya, Selasa (28/1).

Kata dia, kedua jenis pohon yang dahannya patah tersebut  memiliki diameter sekitar 60 cm. Untuk mengevakuasi, dia mengerahkan anggota Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gianyar. Mereka ke lokasi lengkap dengan armada dan perlengkapan. Akibat kejadian tersebut nihil korban jiwa dan kerugian ditafsirkan kurang lebih RP 250 juta

Lantaran lokasi pohon dan menimpa pura, tim dibantu oleh masyarakat setempat untuk mengevakuasi pohon. Evakuasi diawali dengan menghaturkan sesajen berupa canang.

Agung Digjaya menambahkan dalam masa musim hujan yang tidak dapat diprediksi turunnya dengan dibarengi angin kencang, pihaknya tetap menyiagakan anggotanya yang tergabung dalam TRC. Sedangkan yang menjadi atensi khusus merukan wilayah Gianyar bagian utara, lantaran cenderung terjadinya longsor dan pohon tumbang.*nvi

Komentar