nusabali

Tiga Parpol Bangun Koalisi, Siap Usung Calon di Pilkada Bangli

  • www.nusabali.com-tiga-parpol-bangun-koalisi-siap-usung-calon-di-pilkada-bangli

Tiga partai politik (parpol) yakni NasDem, Demokrat, dan Hanura sepakat membangun koalisi.

BANGLI, NusaBali
Dengan akumulasi 6 kursi yakni NasDem dengan raihan 2 kursi, Hanura 1 kursi dan Demokrat 3 kursi, partai koalisi ini dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada 2020 nanti. Namun demikian, untuk calon yang diusung masih dalam proses.

Sementara itu, pertemuan para elit parpol baik NasDem, Demokrat, dan Hanura dilakukan di seputaran Kota Bangli pada Minggu (26/1). Dalam pertemuan tersebut, hadir Ketua DPW NasDem Bangli Jro Tindih, Wakil Ketua DPC Hanura Bangli Made Madra dan Sekretaris Made Laksana serta pengurus DPD Partai Demokrat Bali Ida Bagus Astawa Merta.

Wakil Ketua DPC Hanura Bangli, Made Madra saat dikonfirmasi, kemarin, mengakui jika sudah ada pertemuan lintas partai dalam kaitannya untuk membangun koalisi. Sebut Made Madra, dengan dilandasi persepsi yang sama yakni membanguan Bangli lebih maju kedepanya hasilnya sepakat membangun koalisi. “Hasil pertemuan kemarin akan ditindaklanjuti dengan melaporkan ke masing- masing DPD dan DPP,” ungkapnya.

Dikatakan, tidak hanya tiga parpol, tidak menutup kemungkinan nantinya parpol lain akan ikut bergabung dalam koalisi lintas parpol ini. “Sudah barang tentu  hal tersebut yang kami harapkan. Dengan semakin banyaknya parpol ikut berkoalisi tentu akan semakin solid perjuangan dalam pilkada nanti,” ujarnya.

Disinggung  untuk calon yang akan diusung nantinya, politisi asal Kelurahan Kawan ini menyebut masih berproses. “Yang jelas calon yang diusung nantinya  tentu memilki elektabilitas dan popularitas serta SDM yang mumpuni. Partai koalisi tentu tidak ingin mengusung calon asal-asalan. Saat ini calon masih dalam pembahasan," tandasnya.

Sementara kemungkian besar calon yang dibidik partai koalisi adalah paket Ida Bagus Giri Putra yang kini masih menjabat Sekda Bangli dan Sang Putu Putra Erawan yang juga mantan Perbekel Awan, Kecamatan Kintamani.

Disisi lain, paket IB Giri Putra dengan Sang Putu Putra Erawan mendaftar di Golkar, akan tetapi peluangnya meraih rekomindasi sangat kecil, pasalnya jauh-jauh hari Ketua DPD Golkar Bali, Gde Sumajaya Linggih dalam statementnya mengatakan Partai Golkar memprioritaskan kader.

Nah, jika koalisi ini terbanguan akan ada tiga paket calon yang bertarung yakni paket  dari PDIP (Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar), Golkar (Made Subrata dan Ngakan Made Kuta Parwatha) dan partai koalisi (IB Giri Putra dan Sang Putu Putra Erawan). *esa

Komentar