nusabali

Limbah Toilet RSU Bangli Meluber

  • www.nusabali.com-limbah-toilet-rsu-bangli-meluber

Limbah toilet di belakang ruang Mawar RSU Bangli meluber. Setelah ditelusuri, penyebabnya karena saluran sanitasi mampet.

BANGLI, NusaBali

Sampah juga menumpuk. Pemandangan ini membuat RSU Bangli terlihat jorok. Pantauan di lokasi,  got  di belakang ruang Mawar tertutup tanah sehingga saat turun hujan air tidak bisa mengalir dengan bagus. Pipa saluran pembuangan limbah juga tidak berfungsi, sehingga limbah yang seharusnya masuk septic tank justru meluber. Luberan limbah ini menimbulkan bau menyengat.

Petugas yang enggan disebutkan namanya saat ditemui di lokasi mengatakan, awalnya kondisi saluran limbah berfungsi dengan bagus. Namun belakangan ada masalah. Mengatasi mampetnya saluran pembuangan limbah, managemen RSU Bangli melakukan perbaikan dengan cara memotong pipa saluran limbah yang menempel di tembok belakang ruang Mawar dan membuat saluran baru menuju septic tank. Saat pemotongan pipa, terdapat banyak bekas pembalut wanita. “Dugaan kami pasien maupun penjaga pasien kurang sadar buang sampah sehingga pipa saluran limbah mampet,” sebutnya, Minggu (25/1).

Belakangan, sambungan untuk mengalirkan limbah ke septic tank juga bermasalah “Septic tank tidak berfungsi maka kondisinya seperti saat ini, limbah meluber,” ungkapnya. Sementara Wakil Direktur Penunjang Sarana dan Prasarana RSUD Bangli, dr Wayan Pariasta saat dikonfirmasi mengakui terjadi permasalahan pada saluran limbah. Mengatasi masalah itu, pada tahun ini akan membuat septic tank baru. “Kondisi saat  posisi antara septic tank dengan jaringan pipa terlalu datar sehingga tersumbat sedikit saja limbah tidak bisa masuk ke septic tank. Tahun ini kami buatkan septic tank baru,” jelasnya. *esa

loading...

Komentar