nusabali

Hari Ini, Palebon Ida Pedanda Temuku

  • www.nusabali.com-hari-ini-palebon-ida-pedanda-temuku

Prosesi palebon untuk layon (jenazah) almarhum Ida Pedanda Nyoman Temuku, penekun Wariga Belog, akan diselenggarakan pada Soma Pahing Warigadean, Senin (27/1) ini.

GIANYAR, NusaBali
Palebon tanpa Bade. Layon akan diusung oleh para sisya menuju lokasi pebasmian (tempat pembakaran) di utara Geriya Cebang Giri Kesuma, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar, milik almarhum.

Lokasi itu tepatnya di depan parkir Museum Gubuk Derita Gua Hantu. Putra almarhum IB Mayun Giri Kesuma mempermaklumkan agar pengguna jalan Payangan – Kintamani, Bangli untuk mencari jalur alternatif, selama prosesi sejak Senin pagi – sekitar pukul 14.30 Wita. Jalur alternatif itu yakni dari arah utara pertigaan Penginyahan ke timur menuju Desa Bukian, Payangan. ‘’Puncak palebon di pebasmian dilaksanakan sektiar pukul 13.00 Wita,’’ katanya didampingi keponakan almarhum, IB Palguna.

Ditambahkan, layon akan diusung dari Merajan Griya ke tempat pebasmian melalaui jalan raya, kurang lebih 50 meter. Sepanjang jalan tersebut akan dibentangkan kain putih. "Selama pengusungan layon, jalan raya sementara ditutup, setelah itu dibuka lagi," jelasnya. Pengaturan arus lalu lintas hingga parkir akan dilaksanakan oleh pecalang Banjar Melinggih dibawah kordinasi Babinkamtibmas Polsek Payangan serta Babinsa Koramil Payangan. Pengalihan arus lalin akan menggunakan setengah badan jalan dan digunakan sistem buka-tutup. *nvi

loading...

Komentar