nusabali

Wabup Suiasa Ajak Krama Jaga Nilai Kesucian Balai Banjar

Padudusan Alit lan Ngenteg Linggih di Banjar Umahanyar, Darmasaba

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-ajak-krama-jaga-nilai-kesucian-balai-banjar

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengajak krama menjaga nilai-nilai kesucian balai banjar sebagai tempat untuk menghasilkan keputusan dan kebijakan yang bermanfaat.

MANGUPURA, NusaBali
Hal ini ditegaskan Wabup Suiasa saat menghadiri Karya Mupuk Pedagingan Wraspati Kalpa Agung Padudusan Alit lan Ngenteg Linggih bertepatan dengan tilem sasih kepitu bertempat di Banjar Umahanyar, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal pada Sukra Wage Wariga, Jumat (24/1). Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Griya Jadi Kediri dan Ida Pedanda Griya Tunjuk Tabanan diawali 29 Desember 2019 dan puncaknya pada 25 Januari 2020.

Wabup Suiasa sempat melakukan persembahyangan di Padmasana Pura Melanting sebagai simbol upacara saksi yang disertai dengan menyerahkan dana upacara dari Pemkab Badung sebesar Rp 450 juta kepada manggala karya, disaksikan oleh seluruh krama setempat.

Wabup Suiasa mengungkapkan selaku Guru Wisesa merasa bangga karena krama sudah mampu melaksanakan swadharma yang utama di tataran kehidupan beragama. Wabup juga mengimbau krama untuk menumbuhkan sifat saling menghargai satu sama lain. “Dalam agama Hindu kita mengenal tiga konsep keseimbangan yang harus diterapkan untuk mencapai kedamaian dan keharmonisan yang disebut dengan Tri Hita Karana, antara lain tata sukerta agama, tata sukerta pawongan, dan tata sukerta palemahan,” ujarnya.

Ketua Panitia Karya I Made Sukiasta melaporkan upacara ini digelar setelah rampungnya pembangunan fisik balai banjar dan Pura Melanting Banjar Umahanyar. Upacara ini melibatkan semua elemen masyarakat serta mengedepankan semangat ngayah sebagai wujud bakti ke hadapan Ida Betara Begawan Penyarikan dengan menghabiskan dana sebesar Rp 750 juta yang bersumber dari urunan.

Karya tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Kabupaten Badung I Putu Alit Yandinata dan Ni Luh Putu Sekarini, Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa, Kapolsek Abiansemal Kompol IB Mertayasa, Bendesa Adat Tegal beserta tokoh masyarakat setempat. *

Komentar