nusabali

Siapkan Fakultas Pertanian, Undiksha Belum Punya SDM

  • www.nusabali.com-siapkan-fakultas-pertanian-undiksha-belum-punya-sdm

Untuk menyiasati SDM, Undiksha berencana menggandeng Universitas Udayana.

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, mulai mempersiapkan rencana pembukaan Fakultas Pertanian. Formasi untuk Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian juga telah diusulkan di tahun 2019 lalu. Hanya saja kepastian pemenuhan formasi tersebut hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Rektor Undiksha, Prof Dr I Nyoman Jampel  MPd, belum lama ini mengatakan pembukaan Fakultas Pertanian belum mendapatkan gambaran yang pas. Hanya saja belakangan ini Undiksha mendapat undangan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama universitas lainnya di Indonesia dan Universitas di Australia, terkait target swasembada daging sapi. “Memang kami juga tidak mengerti Bappenas mengundang kami kemarin, karena kami belum ada Fakultas Pertanian tetapis udah dilibatkan dalam upaya bagaimana upaya tidak mengimpor daging sapi,” jelasnya.

Namun dari penjelasann yang diberikan Bappenas, Undiksha dianggap layak karena sudah memiliki jurusan D3 Analis Kimia, Perhotelan dan Biologi, yang ilmunya dapat dipakai dasar melakukan kajian terkait hal tersebut.

Ditanya soal kejelasan target pembukaan Fakultas Pertanian, meski mengamini, Rektor Jampel mengaku masih belum menemukan format yang jelas terkait nama, apakah nanti dibuka jurusan atau fakultas. “Tahun kemarin formasi dosen pertanian sudah kami usulkan tetapi belum tes, penetuannya dari Kemenpan-RB. Masalahnya kami kan belum ada SDM, setelah nanti turun pengumumannya, kami bekerjasama dengan Udayana,” imbuh dia. Undiksha sebagai rujukan perguruan tinggi yang diharapkan dapat mendukung program pertanian Buleleng mengaku siap terkait hal itu.

Sementara itu Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, berharap Undiksha bisa mendukung Kabupaten Buleleng mengembangkan pertanian untuk melaksanakan riset dan teknologi. Menurutnya Buleleng yang saat ini fokus pengembangan di sektor pertanian sangat membutuhkan dukungan riset dan teknologi dari perguruan tinggi. MoU yang sudah disetujui antara Undiksha dengan Bappenas terkait masalah pertanian dan peternakan, menjadi awal yang baik sinergitas antara Pemkab Buleleng dengan Undiksha. “Kami mendorong Undiksha segera me-launching Fakultas Pertanian. Harapan kami bagaimana nanti  mahasiswa dan dosen Udiksha menghasilkan iptek untuk pertanian,” ungkap Wabup Sutjidra.*k23

Komentar