nusabali

Lokasi Kongres Perpustakaan Asia-Oceania Dipindah

  • www.nusabali.com-lokasi-kongres-perpustakaan-asia-oceania-dipindah

Lokasi Kongres Perpustakaan Asia-Ocenaia tahun 2020 dipindah dari Objek Wisata Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban, Kelurahan/Kecamatan Karangasem ke hotel di Denpasar.

AMLAPURA, NusaBali

Objek Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban tetap jadi agenda, hanya saja diubah jadi acara kunjungan 40 delegasi peserta kongres. Delegasi 40 negara berkunjung ke Objek Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban, bertepatan Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (19/2).

Bendesa Adat Dukuh Penaban, Jro Nengah Suarya mengatakan, nantinya para delegasi berkesempatan menulis aksara di daun lontar. Delegasi juga mendapatkan suguhan makanan khas Karangasem yang dinikmati dengan cara magibung. “Para delegasi kami sambut dengan tarian khas Karangasem,” ungkap Jro Nengah Suarya, Minggu (26/1). Sebelumnya, Perpustakaan Nasional dipimpin Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana mengecek lokasi ke Museum Pustaka Lontar, Rabu 23 Oktober 2019 lalu. Hanya saja agenda Kongres Perpustakaan Asia-Oceania telah ditetapkan pada tanggal 18-19 Februari 2020, sedangkan saat itu hari penampahan dan Galungan.

Untuk menghormati perayaan Galungan, maka panitia dari pusat menggeser tempat kongres. "Agenda kunjungan bertepatan Hari Raya Galungan. Jam kunjungannya diubah jadi pukul 12.00 Wita, sehingga krama Desa Adat Dukuh Penaban paginya masih bisa melakukan persembahyangan selanjutnya menyambut 40 delegasi kongres," kata Jro Nengah Suarya. Sementara Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Adat Dukuh Penaban, I Nengah Sudana juga mengaku telah siap menyambut kedatangan delegasi dari 40 negara yang hendak berkunjung pada Hari Raya Galungan. *k16

Komentar