nusabali

Gerakan Cinta Bumi Sebagai Kado Ultah Megawati

  • www.nusabali.com-gerakan-cinta-bumi-sebagai-kado-ultah-megawati

Seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan memberikan kado istimewa bagi Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri yang hari Kamis (23/1) kemarin, merayakan ulang tahun ke-73 dengan mencanangkan gerakan mencintai bumi.

JAKARTA, NusaBali

"Gerakan menanam pohon, menjaga sungai agar bebas dari sampah, menjaga sumber mata air kehidupan, dan merawat lingkungan hidup agar semakin asri adalah hadiah istimewa bagi Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (23/1).

Gerakan mencintai bumi ini, kata Hasto, bersifat wajib bagi anggota dan kader PDI Perjuangan sebagai bentuk dedikasi bagi Megawati yang begitu mencintai tanaman. "Jadi politik itu sederhana. Politik itu bukan ramai di media. Politik itu karya bagi kehidupan dan masa depan," kata Hasto.

Hasto pun menceritakan pengalamannya ketika menemani Megawati di salah satu kebun tanamannya di Bogor. "Ada sebuah pohon langka yang dahannya patah, dengan penuh rasa sayang, Ibu Megawati merawat pohon itu, dan dengan cekatan membuat semacam gips untuk menyambung dahan yang patah itu. Semua dilakukan dalam hening, penuh kontemplasi. Ia punya hak hidup kata Ibu Mega kepada saya," ujar Hasto.

Dalam cerita kuno, Hasto menceritakan sosok satria yang bertapa ngalong seluruh mata hati dan pikirannya penuh kepasrahan dan rasa cinta terhadap bumi dan seluruh alam semesta. Ia pun mendapat ilmu Pancasona, ilmu keabadian, dimana meski Satria itu mati, namun begitu raganya menyentuh bumi, ia akan hidup kembali. "Apa yang dilakukan oleh Ibu Mega adalah menghadirkan wajah politik pada esensi mencintai dan merawat kehidupan. Hal inilah yang menjadi salah satu kekuatan Beliau mengapa mampu menghadapi berbagai ujian dan terpaan gelombang politik," kata Hasto.

Puncak gerakan mencintai bumi itu akan dilakukan di Jawa Barat, dengan melakukan penghijauan di lahan kritis sepanjang Sungai Citarum, Jawa Barat pada 2 Februari 2020 sebagai kado istimewa bagi Ibu Megawati Soekarnoputri. *

Komentar