nusabali

Virus Corona di Wuhan Jenis Terbaru, Belum Bisa Dikenali Penularannya

  • www.nusabali.com-virus-corona-di-wuhan-jenis-terbaru-belum-bisa-dikenali-penularannya

Saat ini Virus Corona sedang ramai diperbincangkan setelah ditemukan menginfeksi daerah Wuhan, China.

DENPASAR, NusaBali

Virus misterius ini telah menyebabkan wabah pneumonia di Negeri Tirai Bambu tersebut. Bahkan informasi menyebut, virus ini telah menyebar ke Jepang dan Thailand. Konsultan spesialis paru-paru RSUP Sanglah, dr I Made Bagiada SpPD (KP) mengatakan, sesuai informasi yang didapatkannya, Virus Corona yang mewabah ini kemungkinan adalah Virus Corona jenis terbaru.

“Corona virus sebenarnya virus biasa seperti virus yang menyebabkan flu, pilek, sampai yang terberat SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Tapi Virus Corona yang di Wuhan menurut informasi bukan Virus Corona yang itu. Tapi tipenya lain, belum dikenali, sehingga belum bisa ditetapkan Virus Corona yang bagaimana,” ujar dr Bagiada, baru-baru ini.

Virus Corona terbaru di Wuhan itu ditemukan pada pedagang atau orang-orang yang hidup di pinggir laut. Kemungkinan penularannya dari ikan segar. Hingga saat ini belum ada bukti penularan dari manusia ke manusia. Virus Corona jenis terbaru ini belum bisa dipastikan apakah menular dari manusia ke manusia. “Kalau bukti dari manusia ke manusia (penularan, red) belum ada,” katanya.

Dikatakan, infeksi paru-paru ataupun saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri biasanya perjalanannya tidak begitu berat dan cepat. Sedangkan jika disebabkan virus, perjalanannya cepat dan progresif hingga bisa mengancam jiwa manusia. “Sejauh ini penanganan di RSUP Sanglah kalau kami curigai ada pasien terinfeksi virus dengan manifestasinya peneumonia berat, pasti diisolasi dan diobati dengan obat-obat antivirus,” ungkapnya.

Sementara gejalanya hampir sama, ditandai dengan pilek, kemudian batuk dan demam, sesak nafas, nyeri dada, badan terasa lemah, dan linglung. Bila mengalami gejala demikian, harus segera dikonsultasikan ke rumah sakit. “Kalau terinfeksi virus, hitungannya jam hingga hari. Progresif sekali memburuknya,” jelasnya.

Meski terjadi di Wuhan, China, masyarakat diharapkan tetap waspada. Bila memiliki rencana ke China dalam waktu dekat agar menghindari tempat-tempat yang dicurigai tersebut. Selain itu, yang paling penting adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan. “Daya tahan tubuh itu penting sekali untuk melawan kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk virus,” imbuhnya. *ind

loading...

Komentar