nusabali

Banjar akan Miliki SMK Negeri

  • www.nusabali.com-banjar-akan-miliki-smk-negeri

Memanfaatkan lahan hibah dari warga, pembangunan SMK Negeri  di Banjar akan dimulai pada 2021.

SINGARAJA, NusaBali

Kecamatan Banjar segera memiliki Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang selama ini belum tersedia. Kabarnya SMK Negeri pertama di Kecamatan Banjar akan dibangun di Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Buleleng. Saat ini proses pembangunan SMK Negeri program dari Pemerintah Provinsi Bali sedang dalam tahap pembebasan lahan.

Perbekel Desa Gobleg, I Komang Semarejaya, Rabu (22/1/2020),  menjelaskan proses pembangunan SMK Negeri di Kecamatan Banjar memang sudah dimulai sejak tahun 2016. Namun karena beberapa hal rencana pembangunan dan pengusulannya sempat tersendat hingga baru dilanjutkan tahun kemarin. Saat ini menurut Perbekel Semarejaya Desa Gobleg sudah menyiapkan lahan seluas satu hektare hibah dari masyarakat setempat. “Lahannya sudah ada sekarang masih proses pemilahan sertifikat itu lahan pribadi milik warga kami Pak Kadek Jaman yang menghibahkan tanahnya seluas satu hektare untuk dibanguni SMK,” jelas dia.

Menurut Perbekel Semarejaya, keberadaan SMK Negeri di wilayah Banjar sangat dinanti-nanti. Karena warga Desa Gobleg selama ini masih bersekolah di luar kecamatan, baik di sekolah wilayah kota dengan konsekuensi kost dan jauh dari orangtua.  “Yang terdekat itu SMK Pancasari jaraknya sekitar 20 kilometer, kalau SMA ada deket di Banyuatis tapi kebanyakan anka-anak kita di sini sekolahnya jauh, kalau di kota sudah pasti kost,” imbuh dia.

Sehingga dengan pembangunan SMK Negeri di Gobleg yang rencana dibangun pada tahun anggaran 2021 mendatang, sangat dinanti-nanti masyarakat dan sangat strategis. Apalagi sejauh ini sudah ada beberapa sekolah SMP penyangga yang diperkirakan tamatannya terserap ke SMK baru, seperti SMP Satap Gobleg, SMPN 4 Pedawa, SMP Satap Gesing, SMP TP 45, SMP Satap Tigawasa.

Semarejaya pun mengatakan rencana pembangunan SMK Negeri di Kecamatan Banjar ini akan membuka jurusan Pariwisata yang memang peminatnya sangat tinggi di Kecamatan Banjar. Selain juga jurusan lainnya yang menjadi potensi setelah sarana prasarananya tersedia. “Harapan kami dengan adanya sekolah SMKN terdekat, anak-anak kami tidak usah jauh-jauh lagi mencari sekolah, kami selaku orang tua juga lebih mudah memberikan pembinaan dan pengawasan,” jelas dia.*k23

Komentar