nusabali

Pohon Tumbang Timpa Panyengker Rumah

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-panyengker-rumah

Petugas BPBD Karangasem mengevakuasi pohon sawo yang melintang di jalan, Banjar Ketug, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Rabu (22/1).

AMLAPURA, NusaBali

Pohon sawo setinggi 10 meter dengan diameter 60 cm yang tumbuh di pekarangan Jro Mangku Gejer tumbang ke jalan akibat diterpa angin kencang. Tembok panyangker rumah Jro Mangku Gejer juga rusak tertimpa pohon tumbang.

Perbekel Desa Antiga, I Wayan Madra mengatakan, pohon sawo tersebut telah tua, akarnya keropos. Sebelum tumbang, Desa Antiga dan sekitarnya didera hujan lebat dan angin kencang. “Pohon sawo yang tumbang sempat menutup sebagian badan jalan dan merusak sebagian tembok panyengker rumah,” ungkap Wayan Madra. Dikatakan, di Desa Antiga banyak tumbuh pohon sawo di pekarangan rumah dan tegalan warga. Rata-rata usianya telah tua.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mengingatkan warga yang memiliki pohon tua agar ditebang. Sehingga kayu yang dihasilkan bisa digunakan bahan bangunan daripada dibiarkan tumbang. “Ciri-ciri pohon telah tua, daunnya mulai rontok dan tidak produktif lagi untuk berbuah,” katanya. Saat melakukan evakuasi pohon tumbang, anggota BPBD turun dengan membawa tiga buah chainsaw. *k16

loading...

Komentar