nusabali

Hujan Deras, Gorong-gorong Longsor dan Timbulkan Retakan pada Jembatan

  • www.nusabali.com-hujan-deras-gorong-gorong-longsor-dan-timbulkan-retakan-pada-jembatan

Gorong-gorong jembatan di tepi jalan jurusan Desa Apuan – Desa Tua kawasan Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan, longsor.

TABANAN, NusaBali

Gorong-gorong longsor sepanjang 5 meter ini sudah terjadi pada Selasa (14/1) sore sekitar pukul 16.00 Wita. Imbas dari longsornya gorong-gorong itu membuat pinggir jembatan retak sepanjang sekitar 15 meter. Petugas polisi telah memasang tanda agar tak terjadi kecelakaan bagi pengendara yang melintas, khususnya saat malam hari.

Informasi yang dihimpun, Selasa sore itu kawasan Desa Tua diguyur hujan deras. Seorang warga, I Made Sudirta, 53, mendengar suara seperti ada tanah longsor. Setelah dilakukan pengecekan ternyata gorong-gorong jembatan longsor tergerus hujan deras. Imbas dari longsornya gorong-gorong itu membuat pinggir jembatan retak sepanjang 15 meter. Jika tak ditangani segera maka badan jembatan akan jebol.

Perbekel Desa Tua I Made Budiarta langsung melaporkan kejadian itu ke Dinas PUPR Tabanan. Pada Rabu (22/1), PUPR Tabanan telah melakukan pengecekan ke lokasi.

Kapolsek Marga AKP I Gusti Made Sudarma Putra, menjelaskan gorong-gorong jembatan zaman Belanda ini longsor pada Selasa sore, karena Desa Tua diguyur hujan deras. Tidak ada arus lalulintas yang terganggu bahkan tidak ada korban jiwa akibat longsornya gorong-gorong sepanjang 5 meter dan menimbulkan retatakan pinggir jembatan sepanjang 15 meter.

Namun karena membahayakan bagi pengguna jalan, polisi dan aparat desa telah memasang tanda sepanjang jembatan yang retak, agar pengendara tak melintas di pinggir jembatan. “Kami sudah pasang tanda untuk mempermudah penglihatan pengendaran yang lewat,” tegasnya, Rabu (22/1).

Dia menambahkan jalan masih bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, lantaran longsor tak memutus akses jalan. “Pinggirannya yang longsor, namun agar segera ditangani supaya tak makin terkikis dan menggerus badan jembatan,” tandas AKP Sudarma Putra. *des

loading...

Komentar