nusabali

SDN 3 Sukasada Borong Prestasi Non Akademik

Dua siswa bersiap ikuti Porsenijar Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-sdn-3-sukasada-borong-prestasi-non-akademik

Prestasi membanggakan kembali diukir SDN 3 Sukasada.

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan juara dan medali berhasil dikumpulkan dalam periode tiga bulan terakhir oleh siswa-siswiya di bidang non akademik, baik di tingkat kecamatan dan kabupaten. Dua siswanya yang merupakan atlet panjat tebing juga tengah dipersiapkan mewakili Buleleng dalam Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Provinsi Bali, Juli mendatang.

Puluhan medali yang diraih itu meliputi cabang olahraga pencak silat yang menyumbangkan 4 emas 7 perak 4 perunggu, dua emas cabor panahan kategori putra dan putri, 2 emas 3 perak cabor panjat tebing se-Kabupaten Buleleng.

Selain bidang olahraga, deretan juara juga disumbangkan di bidang seni, yakni juara I Masatua Bali tingkat kabupaten dan mewakili Buleleng dalam lomba yang sama di Pesta Kesenian Bali 2019 lalu, Juara I putra dan putri dalam Lomba Nyastra Bali se- Buleleng dan Juara II dan Harapan II lomba Tari Condong se-Buleleng.

Kepala SDN 3 Sukasada, Anak Agung Ayu Bintang Marhaeni SPd MPd, Rabu (22/1),  mengatakan meski prestasi masih di tingkat kecamatan dan kabupaten, dia dan segenap guru sangat berbangga dengan hasil yang merupakan bonus dari pembinaan yang dilakukan selama ini.

SDN 3 Sukasada dengan jumlah siswa total 249 orang dengan 9 rombongan belajar diatasi oleh sembilan orang guru PNS, 4 orang guru kontrak dan satu orang guru honorer. Keberhasilan anak didiknya di tingkat kecamatan maupun kabupaten hingga beberapa kali lolos ke provinsi merupakan awal yang bagus dalam pembentukan mental dan karakter bersaing menjadi yang terbaik. “Kami bersama guru-guru di sekolah ini sepakat melakukan pembinaan sesuai dengan bidang keahlian guru dan juga memberikan mereka peluang untuk berkompetensi sebagai proses dari pembentukan karakter. Soal hasil, kami tidak pernah target itu bonus kalau memang berhasil menjadi yang terbaik,” ujar Kasek AAA Bintang.

Keberhasilan siswanya di bidang akademik pun tak lepas dari bimbingan tangan-tangan dingin guru di sekolah. Seperti Made Ayu Widyasari SPd SD, sebagai pembina tari dan masatua Bali, Ni Nyoma Suparni, SPd pembina nyastra Bali dan I Nyoman Argi SPd dan I Kadek Yusdika SPd, pembina bidang olahraga.

Guru pembina khususnya olahraga tak hanya memberikan pembinaan di sekolah tetapi juga memantau dan mendampingi anak didiknya saat latihan di luar sekolah. “Kebanyakan mereka ikut klub dan latihan di luar sekolah, karena seperti panahan, panjat tebing itu kita di sekolah kan tidak ada fasilitas, biasanya kami mendampingi menyesuaikan dengan jadwal latihan mereka,” imbuh  guru pembina olahraga, I Nyoman Argi.

Sementara itu dua atlet SDN 3 Sukasada, Gusti Ngurah Bayu Dharma Wiratama dan Gusti Ngurah Angga Aditya Prayoga sedang mempersiapkan diri melaju dalam cabor panjat tebing Porsenijar Juli mendatang. Mereka pun sedang berlatih ketat tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. “Tahun lalu ikut juga main, tapi baru berhasil raih satu emas di lead, biasanya lawan paling berat Jembrana dan Badung, mudah-mudahan tahun ini bisa menang lagi,” ucap Angga Aditya.*k23

loading...

Komentar